Capaian Vaksin Nakes Jauh dari Target

JagatBisnis.com – Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia prioritas utama ditargetkan untuk 1,5 juta tenaga kesehatan (nakes). Target itu harus selesai pada akhir Februari 2021. Terhitung sejak dimulainya proses vaksinasi pada 14 Januari lalu, angka yang mendapatkan dosis pertama belum mencapai setengah dari target. Padahal terhitung 28 Januari 2021 lalu, pemerintah sudah memulai proses penyuntikan dosis kedua vaksin corona produksi Sinovac tersebut untuk kelompok prioritas.

Baca Juga :   Brasil Uji Coba Klinis Vaksin COVID-19 Butanvac

“Data kami per 2 Februari 2021, dari 1.531.907 target nakes tervaksinasi, setidaknya baru 596.260 nakes yang mendapat vaksin Covid-19 dosis pertama. Untuk dosis kedua, jauh lebih sedikit, yakni baru 51.999 orang nakes,” kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Dia menjelaskan, adapun kendala percepatan program vaksinasi Covid-19 pada nakes adalah jadwal pelaksanaan penyuntikan. Karena saat ini, pihaknya mendorong nakes untuk tidak mengikuti jadwal yang sempat diberikan. Ternyata, ada nakes yang baru dapat jadwal Maret untuk vaksin, tapi ada perintah seluruh nakes diminta datang ke Fasyankes tanpa melihat jadwal.

Baca Juga :   Guru Lumpuh Usai Divaksin, Dinkes Sukabumi: Sedang Diinvestigasi

“Makanya upaya Upaya kami melakukan vaksinasi masif dari yang semula di klinik/faskes dialihkan serentak di gedung pertemuan atau sasana olahraga. Salah satunya dilakukan Pemprov Jabar pada Rabu ini di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung dan serentak di tingkat kabupaten/kota, dan Pemprov DKI yang merencanakan menggelar vaksinasi massal untuk nakes di Istora Senayan, Jakarta, pada Kamis (04/02/2021) besok,” ujarnya. (esa/*)