Densus 88 Tangkap Dua Terduga Teroris di Aceh

Tim Densus 88 Antiteror

JagatBisnis.com – Pengamat terorisme Angkatan laut (AL) Chaidar mengatakan kalau 2 tersangka teroris yang dibekuk oleh Densus 88 Antiteror Polri di Langsa, Aceh, ialah jaringan kelompok teror Negeri Islam Irak dan Suriah ( ISIS) Aceh.

Kedua orang itu sebenarnya tercipta dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah( JAD) Aceh, tetapi, tutur Angkatan laut(AL) Chaidar, mereka mau diucap sebagai ISIS Aceh.

” Mereka enggak ingin diucap sebagai JAD Aceh, mereka mau diucap sebagai ISIS Aceh. Jadi kira- kira istimewa memang, hubungannya dengan firqoh Abu Hamzah di Ajang, yang di wilayah Sibolga,” tutur Angkatan laut(AL) Chaidar saat dikonfirmasi, Jumat, 22 Januari 2021.

Baca Juga :   Terkait Teror Mabes Polri dan Makasar, MUI Angkat Bicara

Baginya, jaringan itu sudah terdapat sejak tahun 2016 dan memiliki puluhan anggota. Bagian dari mereka pula sempat terjebak melakukan kegiatan tentara di Gunung Salak, pinggiran Aceh Utara dan Kabupaten Bener Hidup, pada 2018. Dasar pembedahan mereka di sekitar Aceh Besar dan Aceh Timur.

Baca Juga :   Jenazah Teroris Poso Ali Kalora dan Anak Buahnya Tiba di Palu

Polda Aceh sebelumnya melaporkan kalau Detasemen Spesial 88 Antiteror membekuk 2 tersangka teroris, bernama samaran SB alias AF dan MY, di Kabupaten Langsa.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Angket. Winardy di Banda Aceh, Jumat, mengatakan Densus membekuk mereka di 2 tempat terpisah pada Kamis malam.

Baca Juga :   Hotel Tawakal di Kota Kismayu Diserang Teroris

Winardy mengatakan kalau tersangka bernama samaran SB alias AF ialah karyawan negara awam. Tersangka SB alias AF dibekuk di Gampong( Dusun) Sidodadi, Kecamatan Langsa Lama. Selanjutnya, MY diketahui bekerja sebagai nelayan. Ia dibekuk di Gampong Teungoh, Kecamatan, Langsa Kota. (ser)

MIXADVERT JASAPRO