Atlet Olimpiade Jadi Prioritas Vaksin Covid-19

jagatBisnis.com — Atlet Olimpiade 2020 di Tokyo, pada 2021 mendatang juga akan menjadi prioritas pihak pertama dari bidang olahraga penerima vasksin virus Corona (Covid-19). Bahkan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mengirim surat kepada Sesmenko PMK terkait siapa saja perwakilan bidang olahraga yang akan mendapatkan prioritas vaksin Covid-19.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan, pihaknya menyodorkan 1.500 orang yang layak menerima vaksin Corona. Sesmenko PMK juga sudah meneruskan surat dari Kemenpora itu ke Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Nantinya, PEN bakal minta ke kami siapa nama-nama yang akan menjadi prioritas. Kami utamakan adalah atlet yang dipersiapkan untuk event internasional di 2021, baik single event maupun multievent. Di antaranya, SEA Games, Asean Para Games, Olimpiade, Paralimpiade,” kata Gatot di Jakarta, Senin (11/01/2021).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang membuat daftar cabang olahraga (cabor) dan atlet mana yang akan didahukukan. Kemudian daftar itu akan dipresentasikan bersama PEN untuk waktu dan skala prioritas.

“Tidak hanya atlet, pelatih maupun ofisial yang akan terlibat di event internasional 2021 juga dipastikan akan mendapatkan prioritas vaksin. Selain itu para atlet yang masuk di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan maupun Cibubur masuk daftar prioritas vaksin dari Kemenpora,” ungkapnya.

Gatot mengakui, pihaknya sadar vaksinasi Covid-19 untuk bidang olahraga tidak bisa diburu-buru. Sebab yang menjadi prioritas pemerintah pusat saat ini adalah tenaga kesehatan.

“Penjadwalan vaksin untuk atlit hingga saat ini kami belum mengetahui, jadi kami masih belum tahu. Kami tidak akan menunjuk cabor mana yang lebih dulu, tapi atlet yang punya prestasi internasional akan jadi prioritas sesuai klasterisasi cabor prioritas,” pungkas Gatot. (esa/*)

Baca Juga :   Menpora Amali Tetap Optimis Terhadap Masa Depan Timnas Indonesia
MIXADVERT JASAPRO