KAI Sumut Prediksi Penumpang Kereta saat Nataru Naik 18 Persen

jagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara menyediakan sebanyak 147.200 tempat duduk selama masa angkutan liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) sejak 18 Desember 2020 hingga 6 Januari 2021.

“Jadi, selama Nataru, PT KAI Divre I Sumut sebanyak 7.306 tempat duduk setiap harinya,” ungkap Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut, Mahendro Trang Bawono saat dikonfirmasi VIVA, Minggu 20 Desember 2020.

Mahendro mengatakan, pada masa angkutan Nataru akan mengalami peningkatan jumlah penumpang dibanding masa angkutan biasanya. Hal ini dikarenakan sebagian masyarakat memilih berlibur akhir tahun menggunakan transportasi kereta api.

“PT KAI Divre I Sumut diprediksi akan mengangkut 81.416 penumpang pada masa Angkutan Nataru tahun ini. Angka ini meningkat 18 persen jika dibandingkan dengan jumlah penumpang yang diangkut pada periode 6 hingga 25 November 2020 yang hanya sebanyak 69.275 penumpang,” kata Mahendro.

Baca Juga :   Kebakaran di Kalbar Hanguskan 52 Rumah

Masa Angkutan Nataru 2020-2021, Divre I Sumut akan menjalankan 34 kereta api, terdiri atas 24 perjalanan KA Srilelawangsa relasi Medan-Binjai (PP), 6 perjalanan KA Putri Deli relasi Medan-Tanjung Balai (PP), 2 perjalanan KA Siantar Ekspress relasi Medan-Siantar (PP), dan 2 perjalanan KA Sribilah relasi Medan-Rantau Prapat (PP).

“Sedangkan untuk armada sarana lokomotif yang siap operasi sebanyak 29 lokomotif dan 91 kereta,” ungkap Mahendro.

Di tengah pandemi COVID-19, Mahendro mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan dan melaksanakan pelaksanaan layanan kepada penumpang tahun ini akan sangat berbeda dibanding Angkutan Nataru tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Cegah Kecelakaan, Operator Tol Cipali Lakukan 3E

“Di wilayah Divre I Sumut telah dilakukan segala persiapan dari segi layanan di stasiun dan di atas KA sesuai protokol kesehatan pencegahan COVID-19, kesiapan keandalan sarana dan prasarana. Kemudian, keamanan serta antisipasi lainnya guna menciptakan perjalanan KA yang aman, nyaman, sehat dan selamat,” tutur Mahendro.

Mahendra berharap selama angkutan Nataru ini, operasional KA akan berjalan dengan aman dan selamat dengan dukungan prasarana. Itu sebabnya PT KAI Divre I Sumut telah melakukan skenario pengamanan perjalanan KA, yakni dengan memetakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dan dipastikan di daerah rawan tersedia AMUS.

Baca Juga :   Epilepsinya Kambuh, Pengemudi Mobil Seruduk Sejumlah Warung di Depok

Seperti AMUS pada jalur jembatan disediakan perancah, rel bendel, begel bendel dan H-Beam. Sementara itu, AMUS pada jalan rel disediakan karung, bantalan, rel sambung, baut sambung, dan pasir.

Selanjutnya, masa Angkutan Nataru 2020/2021 di tengah masa pandemi juga fokus pada bagian layanan kesehatan. Pada stasiun di wilayah Divre I Sumut tersedia pos kesehatan dengan peralatan medis memadai yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang ingin mendapat pelayanan kesehatan.

“Selain itu, disediakan juga ruang isolasi di area stasiun jika didapati pengguna KA yang memiliki gejala COVID-19,” kata Mahendro. (ser)

MIXADVERT JASAPRO