Harun Masiku Belum Tertangkap, KPK Minta Bantuan Masyarakat

jagatBisnis.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengalami kesulitan untuk menangkap Harun Masiku. Buronan kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 itu sulit diketahui keberadaannya hingga kini. Masyarakat pun diminta bantuan untuk ikut menangkap mantan caleg PDIP tersebut.

“Sampai sejauh ini kami belum mendapat informasi yang signifikan mengenai keberadaan Harun Masiku. Makanya, kami memberikan peluang kepada masyarakat kalau ada yang tahu silakan kasih informasi. Kalau perlu, kita tangkap bareng,” kata Deputi Penindakan KPK, Karyoto, saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (23/10/2020).

Dia menjelaskan, kasus Harun memang menjadi sorotan publik. Apalagi, ketika dia berhasil melarikam diri setidaknya hingga waktu 9 bulan belakangan. Selama itu pula, publikasi mengenai perkembangan informasi pencarian dan lokasi yang sudah disambangi Harun tak disampaikan ke publik. Karena dikhawatirkan akan menguntungkan buronan.

“Tapi kami bakal mengevaluasi komunikasi publik dalam menyampaikan perkembangan informasi pencarian Harun dan buronan lainnya. Nanti akan diperbarui cara-cara kami memberikan kepada masyarakat, cara-cara publikasinya. Kami harus membuat animasinya,” ujar dia.

Menurutnya, upaya pencarian Harun juga dilakukan dengan penambahan personel Satuan Petugas (Satgas) dari Pengaduan Masyarakat (Dumas). Selain itu, mendayagunakan sistem teknologi informasi (IT).

“Dalam waktu dekat akan ada penambahan personel lagi untuk  diperbantukan dalam penyelidikan dan lain-lain. Nanti kami juga akan menambah personel untuk mencari Harun,” tandasnya. (esa/*)

Baca Juga :   Terkait Kasus Pencucian Uang, KPK Panggil Wabup Blitar
MIXADVERT JASAPRO