12 Aplikasi Kiblat di Android dan iOS

JagatBisnis.com –   Berikut ini ada sederet aplikasi arah kiblat yang tersedia untuk smartphone Android maupun iOS, berguna dalam keseharian.

Salah satu syarat sah Sholat adalah menghadap kiblat. Kiblat merupakan acuan arah bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah shalat. Arah kiblat sendiri mengacu pada Ka’bah yang berlokasi di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi. Bagi umat muslim Indonesia, arah kiblat berpatokan ke sekitar arah barat laut.

Dalam menentukan arah kiblat dapat ditentukan menggunakan kompas atau penunjuk mata angin. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjelaskan bahwa kompas sebagai alat navigasi bisa turut digunakan untuk menentukan arah kiblat. Meskipun arah kiblat dapat mengacu pada bayangan dari cahaya matahari.

Ada beberapa cara mengetahui arah kiblat dengan mudah dan akurat yakni menggunakan aplikasi. Aplikasi arah kiblat ini sudah banyak tersedia di Play Store maupun App Store. Aplikasi arah kiblat ini tentu akan memudahkan Anda menemukan arah kiblat saat sedang berpergian.

Berikut 12 aplikasi arah kiblat yang HiTekno.com yang tersedia untuk Android dan iOS.
1. Qibla Finder
Aplikasi arah kiblat Qibla Finder ini sudah didownload lebih dari 23 ribu pengguna di Google Play Store. Anda juga bisa memilih tema desain saat menggunakan aplikasi pencari kiblat.
Aplikasi arah kiblat ini tak hanya membantu pengguna mencari kiblat yang langsung dengan melacak lokasi ka’bah, namun juga Anda bisa menemukan kalender Islam yang akurat.

2. Muslim Pro
Aplikasi arah kiblat populer satu ini memiliki beragam fungsi, tak hanya mencari kiblat namun juga menyediakan waktu sholat beserta adzan. Tak hanya itu, dengan aplikasi ini Anda juga bisa belajar Al Quran serta terjemahan yang memperkuat ibadah puasa.

3. Arah Kiblat 100%
Aplikasi arah kiblat ini menggunakan fitur GPS yang akan menentukan arah kiblat dengan akurasi tinggi. Anda bisa menggunakan aplikasi ini saat mengunjungi tempat baru untuk menemukan arah kiblat.

4. Arah Kiblat Indonesia
Aplikasi arah kiblat ini sangat spesifik untuk menentukkan arah untuk orang Indonesia. Fitur kompas di sebelah pencari kiblat ini bahkan tak memerlukan internet dan GPS.

5. Prayer Times and Qibla
Tak hanya menentukan arah kiblat, namun aplikasi satu ini juga bisa mejadi pengingat waktu sholat. Aplikasi arah kiblat ini juga mendukung beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

6. Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat.
Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat bisa menjadi aplikasi yang paling diandalkan bagi banyak umat muslim. Lewat aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menentukan arah kiblat.
Selain memiliki fitur penunjuk arah kiblat, aplikasi ini juga memiliki perhitungan waktu salat yang sangat akurat. Anda tidak akan ketinggalan waktu shalat dan dipastikan tepat waktu.

7. Visual Qiblah.
Visual Qiblah menjadi aplikasi yang begitu menguntungkan banyak umat Islam, pasalnya aplikasi arah kiblat ini menghitung arah kiblat dari arah utara yang akurat dan mampu memberikan informasi tambahan soal arah kiblat. Aplikasi arah kiblat ini bahkan menggunakan rumus menghitung arah kiblat secara akurat untuk jarak 0,5 mm di bumi.
Menariknya, Visual Qiblah mendukung berbagai pilihan bahasa, mulai dari Indonesia, Turki, Rusia dan Prancis.

8. Salaam
Salaam merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia. Salaam menjadi aplikasi pengingat sholat pertama di Indonesia. Fitur yang bisa Anda dapatkan disana terbilang cukup banyak, seperti Al-Quran dalam media digital, jadwal waktu sholat, penunjuk arah kiblat, konten harian dan kontekstual berisi hadis, doa, ayat dan kontekstual berdasarkan kalender hijriyah, panduan haji dan umroh.
Aplikasi arah kiblat ini menggunakan Alquran versi digital yang telah mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

9. Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator
Aplikasi arah kiblat ini dikembangkan oleh developer Naaz Apps ini memungkinkan untuk bisa menemukan arah kiblat sholat yang akurat dan akan secara otomatis mendeteksi lokasi Anda berada. Aplikasi arah kiblat ini juga bisa Anda gunakan secara offline.
Jadi tak perlu khawatir jika tidak memiliki paket internet akan kebingungan menentukan arah kiblat. Namun, untuk tetap bisa menggunakan fiturnya, Anda harus mengaktifkan GPS.

10. Qibla Locator
Aplikasi arah kiblat ini dikembangkan oleh Soul Apps World Tech dan dilengkapi berbagai fitur menarik. Mulai dari penentu arah kiblat, waktu sholat, suara adzan, kalender Hijriyah, dan beragam tema kompas kiblat yang bisa dipilih sesuai selera. Aplikasi arah kiblat Qibla Locator dapat digunakan secara offline.

11. Find Qibla Pro
Aplikasi arah kiblat ini menunjukkan arah kiblat dengan visualisasi kompas yang cantik. Untuk bisa memastikan presisi kompas, Anda bisa memeriksa ikon matahari di dial kompas.

12. Islamic Compass Qibla Direction
Serupa dengan Find Qibla Pro, aplikasi arah kiblat ini akan membantumu menemukan arah kiblat dengan menggunakan kompas yang didukung fitur GPS pada smartphone. Anda juga bisa mengubah tema aplikasi ini sesuka hati. (hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button