10 Ribu Hektare Sawah di Subang Gagal Panen

JagatBisnis.com – Lahan sawah seluas 10, 963 hektare di Kabupaten Subang Jawa Barat terdampak dampak banjir bualan Bengawan Cipunagara yang menerpa 11 Kecamatan minggu lalu.

Eksekutif Teknis (Plt) Kepala Gedung Proteksi Tumbuhan Pangan dan Holtikulturra( BPTPH) Provinsi Jawa Barat, Ajat Sudrajat menjelaskan, dampak banjir itu 24 posisi pesawahan terdampak dengan ketinggian air beragam.

” Tertimbun besar tanah musibah banjir terkena 10, 963 hektare, puso 327 hektare,” ucap Ajat dalam catatan singkatnya, Jumat 12 Februari 2021.

Situasi itu ditentukan mengusik pada cara penciptaan panen. Semacam diketahui, barang pertanian ditaksir jadi zona ekonomi yang tak terpengaruhi selama endemi COVID- 19.

Ajat membenarkan, penindakan tanah pesawahan yang terdampak akiban banjir parah bualan Cipunagara masih bersinambung mengenang situasi kubangan di sebagian wilayah mulai mundur.

” Informasi dalam cara pencatatan di alun- alun karena saat ini sudah mulai beberapa mundur. Informasi akan berganti lalu bersamaan dengan kemajuan debit air,” terangnya.

Sebelumnya, bualan bengawan Cipunagara Kabupaten Subang Jawa Barat menyebabkan ribuan pemukiman di 11 Kecamatan direndam musibah banjir dampak hujan kencang dengan keseriusan besar dalam satu minggu terakhir.

Badan Penyelesaian Musibah Wilayah( BPBD) Provinsi Jawa Barat menulis Kecamatan yang tergenang di antara lain Pamanukan, Ciasem, Blanakan, Sukasari, Legon Kulon, Subang, Cibogo, Cipunagara, Pabuaran, Pacak Beusi dan Bendungan Ranting.

” Keseluruhan rumah yang tergenang 15, 014, keseluruhan pengungai 5, 764 KK ataupun 35, 827 jiwa,” ucap Administrator Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Away Berakal dalam keterangan persnya, Selasa 9 Februari 2021.

BPBD menulis ketinggian bualan pemukiman mencapai 300 cm ataupun 3 meter di Dusun Mulyasari Kecamatan Pamanukan sampai menggenangi 5, 050 rumah. Tidak hanya di Pamanukan, ialah di Kecamatan Blanakan persisnya di Dusun Ambang yang dimana bualan dengan ketinggian 3, 20 meter menggenangi 887 rumah. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button