BAZNAS Buka Pendaftaran Beasiswa Ma’had Aly 2022

JagatBisnis.com –  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka pendaftaran Program Beasiswa Cendekia Ma’had Aly tahun 2022 yang diperuntukkan bagi kalangan keluarga yang tidak mampu, di mana Beasiswa ini menjadi salah satu upaya BAZNAS dalam meningkatkan kualitas pesantren.

Ma’had Aly merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTIK) yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (Tafaquh Fiddin) berbasis pada kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, dan saat ini terdapat di 48 Kampus Ma’had Aly sesuai Keputusan Menteri Agama no. 598/2020 tentang Hasil Penilaian dan Evaluasi Ma’had Aly yang tentu perlu dipastikan penguatan bagi para mahasiswa.

Peluncuran Beasiswa Cendekia BAZNAS Ma’had Aly 2022 digelar secara daring dan disiarkan langsung via kanal YouTube BAZNASTV, Kamis (28/7/2022). Turut hadir Pimpinan BAZNAS RI Kolonel (Purn) Drs Nur Chamdani, Kepala Divisi Pendidikan dan Dakwah BAZNAS RI Ustadz Farid Septian, Kepala Beasiswa BAZNAS Sri Nurhidayah, serta Ketua Asosiasi Ma’had Aly Indonesia KH Nur Hannan.

Baca Juga :   Bantoo Gandeng BAZNAS Bantu Mustahik Operasi Katarak

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Kolonel (Purn) Drs Nur Chamdani menyampaikan pesan kepada para mahasantri agar tidak pernah merasa minder, dan merasa rendah. “Harus optimis bahwa ‘saya’ bisa berbuat untuk ummat ini, dan ke depan saya harapkan para mahasantri bisa menjadi duta-duta BAZNAS yang sesungguhnya, memiliki tugas yang mulia, bisa menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang mengawal negara Republik Indonesia.”

“Untuk itu kita buka peluncuran program Beasiswa Ma’had Aly dengan Bismillahirrahmanirrahim, mari kita luruskan niat, amanah dan tetap istiqomah,” ujarnya.

Baca Juga :   Mualaf di Desa Tuva Dapat Bimbingan dari BAZNAS

Nur Chamdani juga menyampaikan, orang yang menggeluti ilmu agama memiliki keunggulan yang luar biasa. “Anda semua termasuk kuntum khoiro ummah, para mahasantri calon pemimpin umat, pemimpin masa depan sekaligus menjadi monumen hidup dan duta BAZNAS ke depan.”

Sementara itu, Ketua Asosiasi Ma’had Aly Indonesia KH Nur Hannan mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BAZNAS yang telah berkenan memberikan program beasiswa Ma’had Aly yang telah dimulai sejak tahun 2021.

“Posisi Ma’had Aly sebagai lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam yang diselenggarakan dan berada di pondok pesantren menjadi signifikan dan strategis, sebagai tanggung jawab memberikan solusi terhadap problem yang dihadapi ummat yaitu semakin langkanya kyai dan ulama yang berintegritas, berkarakter dan berwawasan ke Indonesia-an ini bukan hanya pada pondok pesantren tetapi juga merupakan tanggung jawab umat Islam di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :   BAZNAS Hadirkan Layanan Donasi melalui Paxel

Nur Hanan mengatakan, upaya BAZNAS dalam memberikan program beasiswa cendekia Ma’had Aly ini adalah kontribusi nyata untuk menjawab problem kelangkaan kaderisasi kyai dan ulama yang saat ini yang dihadapi oleh umat Islam Indonesia.

“Mudah-mudahan program Beasiswa Cendekia BAZNAS Ma’had Aly tetap berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang, semoga seluruh jajaran pengurus BAZNAS RI diberikan kesehatan diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” harap Nur Hanan. (jbo)

MIXADVERT JASAPRO