Ranil Wickremesinghe Terpilih sebagai Presiden Baru Sri Lanka

Ranil Wickremesinghe Foto: FORUM TERKINI NEWS

JagatBisnis.com – Pejabat pelaksana tugas Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, telah terpilih sebagai presiden baru negara itu pada Rabu (20/7/2022), di tengah krisis keuangan terparah yang pernah terjadi.

Sekretaris Jenderal Parlemen Sri Lanka mengumumkan, Wickremesinghe yang mendapat 134 suara dari 225 anggota parlemen, terpilih sebagai Presiden Sri Lanka selanjutnya.

Parlemen telah melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden baru pada Rabu pagi. Sebanyak 219 suara dinyatakan sah. Selain itu ada empat surat suara tidak sah, dan dua anggota legislatif abstain pada pemungutan suara tersebut.

Baca Juga :   Kapal China Merapat ke Sri Lanka, India Waspada

Terdapat tiga kandidat yang bertarung saat pemilihan. Wickremesinghe berhadapan dengan Dullas Alahapperuma yang didukung oposisi, dan Anura Kumara Dissanayake saat pengumpulan suara rahasia.

Alahapperuma, meraih 82 suara, adalah mantan menteri pendidikan dan mantan anggota Partai Podujana Peramuna Sri Lanka yang dikontrol oleh mantan presiden Gotabaya Rajapaksa.

Selain itu kandidat ketiga, Anura Kumara Dissanayake dari Partai National People’s Power, hanya memiliki tiga anggota di parlemen. Dia memenangkan total tiga suara.

Baca Juga :   Jurnalis Sri Lanka Diserang Tiga Pria Bersenjata

Pada pekan lalu, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe diambil sumpahnya sebagai presiden sementara Sri Lanka setelah Rajapaksa melarikan diri ke Singapura dari Maladewa. Kemudian parlemen memulai proses pemilihan presiden baru.

Rajapaksa melarikan diri dari Sri Lanka dan mengundurkan diri pada pekan lalu setelah ribuan pengunjuk rasa menyerbu istana kepresidenan di Kolombo dan membakar rumah perdana menteri.

Masyarakat Sri Lanka menyalahkan dinasti politis Rajapaksa atas krisis yang terjadi.

Saudara pria Rajapaksa, Mahinda, mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada Mei.

Baca Juga :   Jadi Korban Jebakan Utang Infrastruktur China, Sri Langka Akhirnya Bangkrut

Negara pulau dengan 22 juta penduduk itu gagal membayar utang luar negeri setelah lumpuh akibat kekurangan cadangan devisa karena keruntuhan ekonomi yang bergantung kepada pariwisata.

Sri Lanka tidak mampu membayar makanan, bahan bakar, dan kebutuhan pokok lain.

Kekurangan bahan bakar pun mengakibatkan pemadaman listrik harian yang berkepanjangan. Sejumlah sekolah tutup dan pegawai pemerintahan diminta untuk bekerja dari rumah.

Pemerintah sedang bernegosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk paket bailout, tapi sejauh ini belum ada kesepakatan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO