Ekbis  

Fasilitas dari Bea Cukai Dukung Kemeriahan Kompetisi Motor Cross Grand Prix of Indonesia Seri Ke-12

JagatBisnis.com – Bea Cukai ikut berkontribusi dalam kesuksesan Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia seri ke-12. Kompteisi motor cross paling bergengsi tersebut telah diselenggarakan di Rocket Sirkuit Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada 24 hingga 26 Juni lalu.

Bea Cukai Sumbawa bersama dengan Bea Cukai Soekarno Hatta dukung perhelatan Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia dengan memberikan fasilitas impor sementara menggunakan ATA Carnet dan pemeriksaan fisik di luar kawasan pabean atas barang-barang kebutuhan perlombaan.

Kepala Kantor Bea Cukai Sumbawa, Agustyan Umardani, mengungkapkan terkait fasilitas ATA Carnet yang diatur dalam peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 228/PMK.04/2014, “ATA Carnet merupakan dokumen kepabeanan internasional yang juga berlaku sebagai jaminan atas bea masuk dan pajak dalam rangka impor. ATA Carnet memiliki prinsip seperti sebuah paspor yang dapat digunakan untuk pemasukkan dan pengeluaran barangnya menggunakan dokumen ATA Carnet yang sama.”

Baca Juga :   Sinergi dengan Berbagai Pihak, Bea Cukai Wujudkan Ekspor di Daerah

Pada Minggu 26 Juni 2022, setelah kompetisi selesai digelar, Bea Cukai melaksanakan pemeriksaan fisik atas seluruh barang kebutuhan MXGP yang telah selesai digunakan. “Pemeriksaan dilakukan bersama dengan masing-masing tim pembalap dan perwakilan dari importir. Setelah selesai dilakukan pemeriksaan, seluruh barang dilekati tanda pengaman sebelum akhirnya dikirim ke Jakarta untuk kemudian diekspor kembali,” tambah Agustyan.

Baca Juga :   Bea Cukai Bantu Pengusaha dalam Negeri Ekspor Hasil Produksi ke Pasar Internasional

Dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai Sumbawa dalam penyelenggaraan MXGP ke-12 ini merupakan implementasi dari fungsi Bea Cukai selaku trade facilitator. Diharapkan dengan acara sejenis ke depannya dapat meningkatkan perekonomian di Sumbawa lewat dukungan terhadap UMKM di wilayah tersebut.(srv)

MIXADVERT JASAPRO