Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur Siap Salurkan 2.238 Ekor Hewan Kurban Bebas PMK

JagatBisnis.com – Idul Adha tahun ini agak berbeda dibandingkan tahun lalu, pasalnya di Indonesia sedang hangat tentang penyakit mulut dan kuku (PMK), tidak terkecuali di wilayah Jawa Timur. Bagi Dompet Dhuafa, tentu ini menjadi tantangan tersendiri dalam rangka menyiapkan pendistribusian daging kurban hingga terpelosok daerah.

Pada momen Idul Adha tahun 1443 H ini, khusunya Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur telah menyiapkan hewan kurban setara domba – kambing sebanyak 2.238 ekor. Hewan kurban jauh-jauh hari sudah siapkan sebaik mungkin sejak bulan Januari 2022. Kholid Abdillah selaku Pimpinan Cabang DD Jawa Timur mengatakan, “Dalam rangka menyiapkan hewan kurban yang sehat dan berkualitas, Dompet Dhuafa menerapkan dua strategi. Pertama, Dompet Dhuafa memiliki kandang sentral sendiri yang dalam hal ini terkelola dalam sebuah program bernama Sentra Ternak DD Farm. Saat ini Sentra Ternak DD Farm yang dibawah pengelolaan Dompet Dhuafa Jawa Timur ada di tiga wilayah, yakni Madiun, Malang dan Situbondo. Stretegi Kedua, Dompet Dhuafa memberdayakan peternak lokal. Dalam rangka untuk mengoptimalkan dan menjamin ketersediaan hewan kurban yang sehat dan berkualitas, Dompet Dhuafa memberdayakan peternak lokal sebagai pemasok sekaligus mitra pendistribusian daging kurban ”.

Lanjut Kholid Abdillah menyampaikan dalam konferensi pers (Sabtu, 25 Juni 2022), di Tahun 2022 ini Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur merencanakan kurang lebih ada 16 titik daerah penyaluran daging kurban. Wilayah penyaluran tersebut adalah Bangkalan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Pacitan, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Mojokerto, Malang, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo dan Banyuwangi. Lokasi penyaluran kurban harus memenuhi prasyarat khusus, yaitu seperti mengalami defisit daging kurban, daerah muslim minoritas, daerah pasca bencana, serta beberapa daerah pelosok yang mengalami krisis pangan. Pemilihan wilayah tersebut merupakan bentuk komitmen dari Dompet Dhuafa untuk memberikan manfaat daging kurban secara merata kepada para warga prasejahtera yang kesulitan menjangkau daging serta upaya untuk meminimalisir penumpukan daging kurban di perkotaan.

Baca Juga :   BPKH Gandeng Dompet Dhuafa Gelar Ceremony Penyerahan Bantuan Ventilator ke 10 Rumah Sakit

Dompet Dhuafa Jawa Timur juga tetap mendukung upaya pemerintah dalam rangka mengurangi penggunaan plastik saat momen pendistribusian daging kurban. “ Kami telah menyiapkan besek kusus yang akan digunakan sebagai media penyaluran daging kurban kepada masyarakat dhuafa,” tutupnya. (jbo)

MIXADVERT JASAPRO