BRI Terbitkan Green Bond dengan Obligasi Rp5 Triliun

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan (green bond) Tahap I Tahun 2022 dengan pokok obligasi sebanyak-banyaknya Rp5 triliun. Green bond tersebut akan digunakan untuk pembiayaan berkelanjutan, utamanya ke segmen mikro. Rencana tersebut merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi lingkungan berkelanjutan dengan target dana yang akan dihimpun sebesar Rp15 triliun.

Baca Juga :   Agen BRILink Berbasis Sharing Economy dari Masyarakat untuk Masyarakat

“Green bond tersebut akan ditawarkan dalam 3 seri dengan tenor 370 hari, 3 tahun, dan 5 tahun sejak tanggal emisi. Green Bond ini untuk domestik market. Tujuan penggunaannya 70 persen untuk mengganti bond yang jatuh tempo dan sisanya 30 persen untuk memperkuat penyaluran kredit mikro,” kata Direktur Utama BRI Sunarso, Kamis (23/6/2022).

Dia menjelaskan, obligasi tersebut berdenominasi dengan rupiah yang diyakini akan terserap sesuai target dana senilai Rp5 triliun. Meski begitu, pihaknya belum menyebut kisaran kupon yang ditawarkan dari ketiga seri obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan tersebut. Bunga obligasi berwawasan lingkungan tersebut rencananya dibayarkan setiap triwulan atau 3 bulan sejak tanggal emisi. Di mana, bunga obligasi berwawasan lingkungan pertama akan dibayarkan pada tanggal 20 Oktober 2022.

Baca Juga :   Pekerja BRI Terima Penghargaan Internasonal

“Adapun bunga obligasi berwawasan lingkungan terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi berwawasan lingkungan akan dibayarkan pada tanggal 30 Juli 2023 untuk obligasi berwawasan lingkungan Seri A, tanggal 20 Juli 2025 untuk obligasi berwawasan lingkungan Seri B dan tanggal 20 Juli 2027 untuk obligasi berwawasan lingkungan Seri C. Pelunasan Obligasi Berwawasan Lingkungan dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo,” paparnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO