Biker Diimbau Jangan Pakai Sandal Jepit saat Kendarai Motor

Ilustrasi pengendara motor menggunakan sandal jepit.

JagatBisnis.com – Baru-baru ini imbauan pengendara motor jangan pakai sandal jepit saat berkendara tengah ramai dibahas. Menanggapi hal itu, Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Iwan Saktiadi memberi penjelasan alasan sandal jepit tidak disarankan untuk dipakai saat berkendara.

Dalam keterangannya, Iwan menyebut bahwa penggunaan sandal jepit untuk pengendara motor sangat minim proteksi. Dia mengatakan bahwa maksud dari imbauan pengendara motor jangan pakai sandal jepit dimaksud agar mereka bisa mendapatkan proteksi lebih.

Hal itu disampaikan menyusul dengan beredarnya kabar soal larangan penggunaan sandal jepit. Menurut dia imbauan ini diberlakukan dengan tujuan memberikan perlindungan pada si pengendara motor.

Baca Juga :   Ilmu Baru, Setelah Putar Kunci Jangan Langsung Starter Motor

“Tujuan dari anjuran untuk tidak menggunakan sandal jepit pada pengendara sepeda motor adalah agar si pengendara terlindungi secara maksimal,” kata Iwan pada Senin (14/6/2022).

Baca Juga :   Ilmu Baru, Setelah Putar Kunci Jangan Langsung Starter Motor

Sebagai contoh, jika pengendara motor menggunakan sandal jepit, maka kaki bagian bawah berpotensi terkena kerikil atau serpihan benda lainnya yang mana menurut Iwan, hal itu bisa mengganggu konsentrasi pengendara. Selain itu juka jika dalam sebuh insiden pengendara menggunakan sandal jepit, tentu saja luka yang ditimbulkan bisa serius jika dibandingkan menggunakan proteksi tertutup atau sepatu.

Baca Juga :   Ilmu Baru, Setelah Putar Kunci Jangan Langsung Starter Motor

“Jika pengendara terlibat kecelakaan akan mengakibatkan luka yang lebih serius daripada jika pengendara menggunakan sepatu atau tertutup seluruh bagian kakinya,” terang Iwan.

“Sehingga faktor utamanya adalah permasalahan keselamatan, disamping itu kenyamanan yang terakhir hanya estetik,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO