Mohon Perhatian: Jemaah Haji Diingatkan Tak Boleh Bawa Jimat atau Rokok Berlebih

JagatBisnis.com – Jemaah haji Indonesia secara bertahap terus diberangkatkan menuju Madinah untuk pelaksanaan ibadah haji 2022. Para jemaah diingatkan untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang masuk Arab Saudi.

“Patuhi ketentuan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia atau Arab Saudi. Contoh tidak perlu bawa barang-barang yang tidak perlu. Jangan sampai ada masalah saat pemeriksaan cukai,” ucap Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, kepada wartawan, Jumat (10/6) malam.

“Contoh barang yang dilarang misal rokok dalam jumlah besar, kemudian obat-obatan yang tidak berizin, atau benda lain yang di tempat lain boleh di sini enggak boleh. Misal jimat di sini bisa jadi masalah,” imbuhnya.

Baca Juga :   Soal Biaya Haji, Kemenag Akan Kaji Ulang

Nasrullah yang juga Konsul Haji KJRI itu juga mengingatkan jemaah haji untuk menjaga kesehatan karena haji adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang prima.

Baca Juga :   Greenpeace Indonesia Luncurkan Green Hajj, Panduan Haji dan Umroh Ramah Lingkungan

Terlebih, cuaca panas di Saudi kini cukup ekstrem yang membuat jemaah akan mudah dehidrasi dan kelelahan. Karena itu jemaah disarankan sering minum, membawa penyemprot wajah, hingga memakai lotion.

“Kemudian persiapkan diri untuk perbanyak ibadah kepada Allah SWT. Datang ke Arab Saudi tujuannya ibadah bukan yang lain,” pungkasnya.

Kementerian Agama (Kemenag) sudah meminta kepada jemaah untuk mematuhi ketentuan terkait barang bawaan agar tidak dibongkar saat di bandara.

Baca Juga :   16.967 Jamaah Haji di Surabaya akan Berangkat pada Awal 4 Juni

“Agar koper tidak dibongkar lagi saat di bandara, kami minta jemaah untuk memperhatikan dan mematuhi ketentuan barang bawaan,” terang Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo, Rabu (8/6).

Wibowo menjelaskan ada koper jemaah haji Indonesia yang dibongkar karena kedapatan membawa rokok cukup banyak. Menurutnya, kondisi ini malah membuat repot jemaah yang bersangkutan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO