Pemerintah akan Distribusi Minyak Goreng Curah di 5 Ribu Titik

JagatBisnis.com-Kementerian BUMN siap mendistribusikan minyak goreng curah harga R14 ribu per liter. Minyak goreng curah tersebut akan disebar di 5 ribu titik lokasi di pasar di seluruh Indonesia. Pilot project pendistribusian penyalurannya dilakukan ID Food, holding BUMN pangan mulai akhir pekan ini dan hanya akan berlangsung sampai akhir Mei 2022.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menjelaskan, sebanyak 5 ribu titik lokasi itu adalah pasar-pasar tradisional yang terletak di Sumut, Sumbar, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, NTB, Sulawesi, dan Kalimantan. Pemerintah menempatkan peran pengecer minyak goreng sebagai kepanjangan tangan BUMN Pangan dalam pendistribusian.

“Tidak hanya pedagang atau pun pengusaha skala besar, para pengecer atau warung-warung, bahkan UMKM bisa menjadi mitra BUMN dalam pendistribusian minyak goreng. Oleh karena itu, kami mendorong BUMN Pangan untuk memperluas pasar hingga ke tingkat kecamatan, RT, dan RW, untuk mendata rumah tangga yang membutuhkan minyak goreng,” katanya, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga :   Masyarakat Diajak Wujudkan Pengurangan Emisi GRK Hingga 30 Persen

Pahala menjelaskan, pendistribusian perdana dilakukan di titik lokasi DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk itu, pihaknya meminta BUMN Pangan mengembangkan market dengan menggandeng pengusaha kecil dan pengecer untuk mendistribusikan minyak goreng. Langkah ini sekaligus meningkatkan peran BUMN dalam menjaga pasokan pangan di dalam negeri. Artinya, peran para pengecer minyak goreng menjadi kepanjangan BUMN pangan saat penyediaan pasokan minyak goreng.

Baca Juga :   Pemerintah Siapkan Tim Sosialisasi Pembelian Minyak MGCR

“Isu minyak goreng saat ini tidak hanya soal kelangkaan, melainkan upaya stabilisasi harga sesuai ketetapan pemerintah bahwa minyak goreng curah sebesar Rp14 ribu per liter, mengingat masih banyak para pengecer maupun warung kecil yang masih menjual diatas HET. Maka, di sinilah peran kami dalam menggandeng pengecer agar masyarakat dengan mudah mendapatkan minyak goreng dan harga terjangkau,” tutup Pahala. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO