Saat Arus Balik, Penumpang Kapal Diminta Waspadai Calo Tiket

JagatBisnis.com – Arus balik Lebaran yang mencapai puncaknya di akhir pekan ini menyebabkan terjadinya peningkatan penumpang di semua moda transportasi, termasuk kapal penyeberangan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal penyeberangan untuk membeli tiket secara resmi dan online melalui aplikasi Ferizy. Hal ini guna mencegah munculnya penjualan tidak resmi oleh oknum calo.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengaku, pihaknya menerima laporan ada oknum yang memanfaatkan kondisi puncak arus balik ini dengan menjual tiket secara tidak resmi dan dengan harga tinggi di Pelabuhan Panjang, Lampung. Pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Polda Lampung untuk segera mengusut calo tersebut.

“Hingga saat ini Polda Lampung telah berhasil menjaring 15 orang calo yang diduga menjual tiket penyeberangan dengan harga tinggi di Pelabuhan Panjang. Mereka diamankan saat sedang beroperasi di wilayah pelabuhan. Namun para calo itu hanya diwajibkan mengisi surat pernyataan dan tidak ditahan di kantor polisi setempat,” tegasnya di Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga :   Rekayasa Lalin Bisa Berubah Cepat, Kakorlantas Polri Minta Pemudik Pantau Medsos

Dia menjelaskan, para penumpang sudah dikonfirmasi sebelumnya dari operator atau PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tidak ada kenaikan tiket drastis seperti yang ditawarkan para calo tersebut. Oleh karena itu, para pemudik yang akan balik, baik dari Pelabuhan Bakauheni maupun Pelabuhan Panjang untuk membeli tiket resmi via aplikasi Ferizy supaya sampai di pelabuhan sudah tidak ada kendala.

Baca Juga :   Arus Balik Lebaran Diprediksi Lebih Macet dari Tahun Sebelumnya

“Karena di aplikasi itu kuoatanya terbatas, maka calon menumpang bisa melakukan pemesanan tiket mulai 60 hari sebelum sebelum perjalanan. Calon penumpan bisa mulai check in 2 jam sebelum jadwal masuk ke pelabuhan. Tiket akan hangus, apabila melewati jadwal masuk pelabuhan yang calon penumpang pilih,” terangnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO