Ekbis  

Dorong Kemudahan Berusaha, Bea Cukai Tingkatkan Pemahaman Kepabeanan Pengguna Jasa

JagatBisnis.com –  Bea Cukai secara konsisten berupaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat di bidang kepabeanan. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kepatuhan para pengguna jasa dan mengurangi potensi pelanggaran di bidang kepabeanan.

Salah satu unit vertikal yang melaksanakan sosialisasi kali ini adalah Bea Cukai Merak. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka mendukung implementasi perluasan single submission pengangkut di wilayah Pelabuhan Banten, Bea Cukai mengundang perusahaan agen pengangkut beserta instansi terkait di wilayah Banten.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana, mengungkapkan, “single submission pengangkut merupakan salah satu fitur yang terdapat pada program national logistic ecosystem yang ditujukan untuk menciptakan efisiensi logistik di Indonesia,” ujar Hatta.

Baca Juga :   Bea Cukai dan Pelaku Usaha Jalin Sinergi Jaga Ekonomi

Platform lainnya yang terdapat dalam NLE adalah e-Trucking. Kali ini sosialisasi atas fitur tersebut dilaksanakan oleh Bea Cukai Belawan. Hatta menambahkan, “Platform-platform yang ada dalam NLE sudah secara masif diimplementasikan di berbagai wilayah di Indonesia, dengan harapan semakin meningkatkan kinerja sistem logistik dan daya saing ekonomi Indonesia.”

Baca Juga :   Jelang Tutup Tahun, Capaian Penerimaan Tiga Kantor Bea Cukai ini Meroket

Sementara itu di Tanjung Perak, Bea Cukai memberikan informasi terkait time release study (TRS). TRS merupakan suatu metode standar dan sistematis untuk mengukur waktu rata-rata yang diperlukan untuk pengeluaran barang sejak kedatangan sarana pengangkut hingga gate out, termasuk setiap kegiatan di dalamnya.

TRS ditujukan untuk mengidentifikasi hambatan dalam proses pengeluaran barang, menilai prosedur yang sudah ada saat ini, menyusun dasar pengukuran performa fasilitasi perdagangan, serta mengidentifikasi adanya kemungkinan untuk mengembangkan fasilitasi perdagangan menjadi lebih baik.

Baca Juga :   Bea Cukai Jogja Kawal Ekspor Lima Kontainer "Men Shirt" ke Jerman

Sementara itu, di wilayah Maluku, Bea Cukai Tual mengadakan diskusi lewat radio terkait rencana pelaksanaan ekspor non-multimoda. Bea Cukai Tual gencar memberikan sosialisasi terkait ekspor mengingat potensi komoditas perikanan yang tinggi di wilayah tersebut dan dapat terus ditingkatkan.(srv)

MIXADVERT JASAPRO