Izin SPBU Bakal Dicabut Jika Jual Pertalite Pakai Jerigen

JagatBisnis.com – Kenaikan harga Pertamax per 1 April 2022 telah memicu disparitas harga yang signifikan dengan BBM subsidi Pertalite. Kondisi tersebut memicu peralihan dari konsumen Pertamax ke Pertalite.

Pertamina Region OKU Raya, Sumatera Selatan pun terpaksa melarang seluruh SPBU di daerah itu melayani pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan jerigen.

“Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi aksi ngecor BBM (melakukan pengisian BBM subsidi jenis Pertalite secara ilegal) oleh masyarakat dengan menggunakan jerigen,” kata Sales Branch Manager Pertamina OKU Raya, Zico Aldilah Syahtian di Baturaja, Minggu (10/4/2022).

Baca Juga :   SPBU Nakal di Medan Diberi Sanksi

Dia mengatakan Pertamina resmi mengeluarkan aturan larangan pembelian BBM jenis Pertalite menggunakan jerigen di seluruh SPBU, termasuk di Kabupaten OKU Raya.

Baca Juga :   Beli Pertalite Pakai Aplikasi, Apa Boleh Main Ponsel di SPBU?

“Aturan ini sudah kami sosialisasikan kepada seluruh pengelola SPBU sejak awal April 2022,” katanya.

Bagi pihak SPBU yang tidak mentaati aturan tersebut, pihaknya akan memberikan sangsi tegas guna memberikan efek jera. Sanksi bagi SPBU nakal mulai dari peringatan tertulis hingga pencabutan izin penyaluran BBM jenis Pertalite.

Baca Juga :   SPBU Nakal di Medan Diberi Sanksi

“Sanksi tahap 1 blocking dispenser Pertalite dua hari. Kalau masih berulang bisa blocking hingga satu bulan dan pelanggaran lagi, kami akan cabut izin penyaluran Pertalitenya,” ujar Zion.(pia)

MIXADVERT JASAPRO