PTPN Group Kejar Target Swasembada Gula

JagatBisnis.com – Holding Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) terus mengoptimalkan luasan pengelolaan lahan perkebunan tebu. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan swasembada gula konsumsi pada 2025 mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan, di antaranya melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani menjelaskan, pada Jumat (1/4/2022) lalu, pihaknya menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Batang melakukan tanam tebu perdana. Dalam kerjasama ini pihaknya melakukan pengelolaan lahan tebu seluas 22,6 hektare.

“Adapun peta jalan PTPN dalam upaya meningkatkan kemandirian gula nasional hanya dapat dilakukan dengan melibatkan petani tebu rakyat melalui upaya perbaikan kultur teknis dan tata kelola sehingga mampu mencapai produktivitas yang optimum,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga :   Wujudkan Transformasi Keuangan PTPN Group, PTPN III Kerjasama dengan 19 Perbankan Nasional

Dia menjelaskan, dengan produktivitas optimum, maka petani tebu dapat memperoleh penghasilan lebih baik yang didapat dari produksi atau produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan usaha tani komoditi lainnya.

Baca Juga :   PTPN Siap Serap GKP Petani

“Karena kesejahteraan petani dan kemandirian gula konsumsi nasional menjadi tujuan utama kami,” tegasnya.

Baca Juga :   Program Transformasi PTPN Group Tunjukkan Kinerja Positif dengan Catatkan Kenaikan Laba Bersih Rp1,1 Triliun

Dia mengungkapkan, untuk mencapai harapan tersebut, program Holding Perkebunan Nusantara bersama dengan anak perusahaan yaitu PTPN IX akan menyediakan bantuan bibit berkualitas kepada masyarakat petani tebu.

“Langkah ini diharapkan memberikan dampak pada kenaikan produktivitas pertanian tebu rakyat, sehingga mendongkrak pendapatan petani,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO