Pelabuhan Depapre Jayapura Bakal Jadi Hub Indonesia Timur

JagatBisnis.com –  Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan Pelabuhan Depapre di Kabupaten Jayapura, Papua, sebagai hub wilayah Indonesia bagian timur. Nantinya, pelabuhan itu bakal melayani kegiatan peti kemas dan lalu-lintas kapal penumpang perintis lintas wilayah di Papua dan sekitarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, sejumlah persiapan harus dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja kegiatan kepelabuhanan di pelabuhan yang melayani kegiatan peti kemas dan kapal penumpang perintis tersebut.

“Harapan kami seluruh pemangku kepentingan baik dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan unsur terkait lainnya, bersama-sama berperan aktif dan berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kinerja Pelabuhan Depapre,” katanya dalam FGD “Review Strategi Akselerasi Pengembangan Pelabuhan Depapre dan Infrastruktur Jalan Sentani Depapre Menuju Kebangkitan Ekonomi Masyarakat” yang berlangsung secara daring, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga :   Posko Angkutan Mudik Lebaran 2022, Resmi Ditutup

Dia mengungkapkan, wilayah Papua memiliki banyak potensi dan akan memberikan keuntungan jika dimanfaatkan. Apalagi, pelabuhan ini memiliki lokasi strategis karena menghadap langsung ke Samudera Pasifik yang menjadi gerbang perdagangan internasional, terutama di wilayah Asia Pasifik.

Baca Juga :   Ini Alasan Masyarakat Mudik Lebih Awal

“Makanya, saat ini pemerintah tengah membangun Jalan Sentani Depapre sebagai akses menuju ke pelabuhan untuk memudahkan lalu-lintas dari sisi darat. Karena pada 2021, Pelabuhan Depapre sudah mulai melayani rute baru tol laut yang menghubungkan wilayah Papua dan Papua Barat,” terangnya.

Menurutnya, Kabupaten Jayapura sebagai sentra pembangunan di Papua akan menjadi pusat ekonomi baru. Selain Pelabuhan Depapre, Jayapura memiliki Bandara Sentani di Jayapura. Sehingga keberadaan simpul transportasi dari angkutan laut sampai udara bisa mempermudah pengiriman komoditas unggulan Papua untuk ekspor maupun kebutuhan dalam negeri.

Baca Juga :   Pandemi Melandai, Pergerakan Pesawat di Indonesia Diprediksi Meningkat pada 2022

“Papua memiliki potensi komoditas yang banyak sekali mulai ikan, rumput laut, kayu, dan lainnya. Kalau ini diusahakan, akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat Papua dan juga dapat mengoptimalkan kinerja kapal tol laut karena tidak ada muatan yang kosong,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO