Nataru, Belanda Terapkan Lockdown Cegah Lonjakan Omicron

JagatBisnis.com-Belanda memberlakukan lockdown selama Natal, mulai Sabtu (18/12/2021). Hal itu dilakukan
untuk mencegah lonjakan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron. Lockdown tersebut akan diterapkan di seluruh Belanda mulai Minggu (19/12/2021) hingga 9 Januari 2022. Pengumuman lockdown nasional disampaikan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada Sabtu (18/12/2021).

Mark Rutte mengatakan, selama lockdown semua toko non esensial, restoran, bar, bioskop, dan museum mesti ditutup mulai Minggu (19/12/2021) hingga 14 Januari. Sementara sekolah dikatakan mesti tutup setidaknya sampai 9 Januari.
Lalu kunjungan warga ke rumah seseorang juga dibatasi, dari empat menjadi dua orang, kecuali pada 25 Desember.

“Lockdown tak bisa dihindari karena gelombang pandemi kelima yang datang bersama Omicron menyebar lebih cepat. Makanya para ahli kesehatan meminta pemerintah mengambil strategi lockdown penuh. Padahal kami telah melakukan penguncian sebagian, bahkan diperpanjang hingga Januari 2022,” kata Mark Rutte.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 Melonjak hingga 65 Ribu, Jerman Batasi Pergerakan Orang

Sementara itu, Kepala tim penanggulangan pandemi Belanda, Jaap van Dissel, menjelaskan, strain Omciron segera menyusul varian Delta. Sehingga antara Natal dan pergantian tahun 2021, varian Omicron akan menjadi dominan.

Baca Juga :   Alat PCR Karya BRIN Mampu Deteksi Omicron, Kantongi Izin Edar

“Kami tahu, varian itu dapat meruntuhkan pertahanan yang sudah dibangun dari infeksi sebelumnya atau vaksinasi sebelumnya, terutama jika itu baru terjadi sebentar,” ungkap dia.

Baca Juga :   Perayaan Tahun Baru 2022 Dilarang

Menteri Kesehatan Hugo de Jonge memaparkan, setelah diumumkan berbagai toko mengalami antrean panjang saat masyarakat bergegas belanja untuk Natal. Sebelumnya pembatasan dari pemerintah yang dilakukan sepekan pada 7-14 Desember telah mengurangi tingkat infeksi Covid-19 sebesar 21 persen. Namun pemerintah menyatakan Omicron tetap menjadi kekhawatiran. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO