Dibawah Kepemimpinan Listyo Sigit, Kepercayaan Masyarakat terhadap Polri Melesat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah)

JagatBisnis.com –   Kepemimpinan Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri dinilai berdampak positif pada tingkat kepercayaan publik terhadap korps Bhayangkara itu.

Bahkan, peringkat kepercayaan publik terhadap Polri lebih tinggi dibandingkan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tingkat kepercayaan ini terlihat dari hasil survei nasional yang digelar Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 2-6 November 2021. Polri menempati peringkat ketiga dengan tingkat kepercayaan mencapai 80,2 persen.

“Trust (kepercayaan) publik terhadap Polri meningkat menjadi 80 persen. Ini tertinggi sepanjang sejarah survei opini publik dalam 10 tahun terakhir,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi kepada wartawan, Minggu 5 Desember 2021.

Baca Juga :   Kapolri Beri Kesempatan Polwan Isi Jabatan Berisiko Tinggi

Sekadar informasi, Listyo memimpin Korps Bhayangkara sejak 27 Januari 2021. Listyo menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis. Menurut Burhan, kehadiran Listyo di instansi Polri memberikan angin segar di tubuh Polri. Hal ini disampaikan dengan melesatnya tingkat kepercayaan publik terhadap Polri.

Padahal, sebelumnya tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum selalu menempatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di peringkat kedua sejak 2015. Tingkat kepercayaan publik kepada KPK mengalami tren penurunan sejak 2018.

Bahkan, pada 2019 dan 2020 berhimpitan dengan posisi Polri. Sementara pada 2021 Polri berhasil menggeser peringkat kepercayaan terhadap KPK.

Baca Juga :   Kapolri Ungkap Awal Mula Penangkapan Irjen Teddy Minahasa

“Trust terhadap KPK terus menurun hingga berhimpitan dengan trust terhadap polisi pada survei 2019 dan 2020. Trust terhadap polisi akhirnya menyalip KPK dengan selisih jauh sejak survei terakhir November 2021,” ucapnya.

Lebih lanjut, Burhan berharap ke depan tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan yang mencapai 75,3 persen dan Kepolisian 80,2 persen, diikuti dengan peningkatan kepercayaan kepada KPK. Sebab bentuk kerja sama tiga institusi penegak hukum tersebut dalam menegakkan aturan hukum di tanah air.

Berikut hasil survei yang mengaku percaya dan sangat percaya pada lembaga:
TNI: 94,3 persen
Presiden: 86,4 persen
Polri: 80,2 persen
Mahkamah Agung: 79 persen
Mahkamah Konstitusi: 79 persen
Kejaksaan: 75,3 persen
Pengadilan: 77 persen
KPK: 71,1 persen
MPR: 67 persen
DPD: 66,4 persen
DPR: 61,1 persen
Partai politik: 52,2 persen

Baca Juga :   Jika tak Bisa Kawal Agenda Negara, Siap-siap Kapolda dan Kapolres Bakal Dicopot

Indikator Politik Indonesia melakukan survei pada 2-6 November 2021. Survei dilakukan secara tatap muka dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang. Sedangkan penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (pia)

MIXADVERT JASAPRO