Tunggu Program Vaksinasi COVID-19, Kemenkes Sarankan Imunisasi Lengkap Anak

JagatBisnis.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melengkapi imunisasi anak sambil menunggu program vaksinasi COVID-19 untuk usia 6-11 tahun.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan hingga saat ini masih banyak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap seperti campak, polio, hepatitis. Padahal imunisasi yang rutin diberikan setiap tahun bagi anak usia 6-11 adalah penting.

“Imunisasi rutin ini adalah imunisasi yang memang artinya sudah membuktikan memberikan perlindungan bagi anak-anak kategori usia imunisasi ini. Jadi sangat penting sambil menunggu anak-anak mendapatkan vaksin COVID-19, kita juga imunisasi rutin untuk proteksi anak-anak,” kata Nadia, Selasa (15/11/2021).

Baca Juga :   Olahraga Dua Jam Sebelum Tidur Bikin Tidur Makin Nyenyak

Menurutnya, pemerintah telah memesan sejumlah dosis vaksin tersebut dan telah disetujui oleh produsen vaksin dan diperkirakan akan dikirim pada awal tahun 2022. Dia memperkirakan vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun akan dilakukan pada Januari atau Februari 2022.

Baca Juga :   7 Penyakit Virus yang Menjadi Pembunuh Terbesar

Diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah memberikan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac diberikan pada anak usia 6-11 tahun. Sebelumnya, BPOM RI juga memberikan izin penggunaan vaksin Sinovac untuk anak usia 12-18 tahun.

Baca Juga :   Manfaat Mentimun Jika Dikonsumsi secara Rutin

Dengan adanya persetujuan dari BPOM dinilai akan membantu penambahan cakupan vaksinasi sekitar 26 hingga 27 juta anak. Sehingga dibutuhkan sekitar 58 juta sampai 59 juta dosis vaksin tambahan yang belum tersedia alokasinya untuk tahun 2021.(pia)

MIXADVERT JASAPRO