Mastercard dan Grab Kerja sama Tingkatkan Inklusi Digital dan Keuangan di kawasan Asia Tenggara.

JagatBisnis.com –  Mastercard dan Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kerja sama regional untuk meningkatkan inklusi digital dan keuangan di kawasan Asia Tenggara. Kerja sama ini akan memberikan akses kepada jutaan pekerja informal dan pelaku usaha di platform Grab ke berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital yang dapat menciptakan lebih banyak cara dan peluang pendapatan bagi mereka.

Menurut laporan platform ekonomi yang baru-baru ini diluncurkan oleh Bain dan Tech for Good Institute, Asia Tenggara perlu fokus dalam meningkatkan kepercayaan dan literasi digital masyarakat untuk mendorong partisipasi ekonomi digital yang lebih besar. Kerja sama antara Mastercard dan Grab bertujuan mengatasi kesenjangan tersebut dengan memberikan akses kepada masyarakat yang kurang terlayani ke keterampilan inti digital, keuangan, dan bisnis untuk membantu mereka lebih baik dalam mengelola keuangan dan bisnis, serta berpartisipasi penuh dalam ekonomi digital.

Ruang lingkup kerja sama selama dua tahun ini meliputi:

Baca Juga :   Lanjutkan Kolaborasi dengan Kemenkes, Grab Serahkan 1.000 Konsentrator Oksigen, 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Dosis Vitamin

1. Program pelatihan khusus untuk pekerja informal dan pelaku usaha kecil: Mastercard dan Grab bersama-sama membuat tiga program latihan yang berbeda – Pelatihan Usaha Kecil, Pelatihan Kewirausahaan bagi Mitra Pengemudi dan Pelatihan Literasi Keuangan Mitra Pengemudi – yang ditargetkan kepada mitra pengemudi, pengantaran, dan mitra merchant Grab. Program ini akan berlangsung secara berkelanjutan di seluruh wilayah mulai dari kuartal keempat 2021, dan akan mulai di beberapa negara. Para mitra Grab akan dapat mengakses program-program tersebut secara gratis melalui aplikasi merchant dan mitra pengemudi Grab.

2. Meningkatkan akses talenta digital di Indonesia: Sebagai bagian dari inisiatif Mastercard Academy 2.0, Mastercard memperluas program sertifikasi keamanan sibernya untuk para mitra pengemudi dan anggota keluarga mereka, serta program business mentorship untuk mitra pengemudi dan mitra merchant Grab. Program sertifikasi teknis 10 minggu ini, yang dimulai pada Agustus 2021, telah membantu para peserta mendapatkan keterampilan keamanan siber yang siap diaplikasikan di dunia bisnis.

Baca Juga :   Diyakini Bisa Mensejahterakan, Grab Mudahkan UMKM Daftar Merchant

3. Meningkatkan ekonomi digital melalui penelitian dan dialog: Mastercard telah bergabung dengan Tech for Good Institute Grab yang belum lama ini didirikan, sebagai anggota dewan penasihat. Institut tersebut berupaya untuk bekerja sama dengan sektor publik dan swasta untuk memanfaatkan teknologi demi kebaikan guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan kawasan Asia Tenggara.

“Memastikan semua masyarakat Indonesia memiliki akses ke jaringan, alat, dan solusi yang mereka perlukan untuk menjadi bagian dari ekonomi digital merupakan tanggung jawab kita bersama. Melalui langkah terbaru dalam kerja sama jangka panjang ini, Mastercard dan Grab berkomitmen untuk mendukung negara-negara seperti Indonesia dalam mewujudkan agenda mereka untuk menciptakan masyarakat yang inklusif secara keuangan dan digital,” kata Safdar Khan, Division President, Southeast Asia Emerging Markets, Mastercard.

“Kami telah mendapatkan banyak manfaat dari ekosistem teknologi Asia Tenggara, dan ingin melakukan bagian kami untuk mendukung pengembangan bakat dan bisnis lokal. Melalui kerja sama dengan perusahaan terkemuka seperti Mastercard, kami dapat menghadirkan program pelatihan berkualitas tinggi untuk jutaan orang dan bisnis di platform kami. Kami percaya kerja sama ini memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah,” kata Cheryl Goh, Group Head of Marketing and Sustainability, Grab.

Baca Juga :   Kenaikan Tarif Ojol Diundur Lagi, Jadi 11 September 2022

Penandatanganan MoU ini juga mempertegas upaya berkelanjutan kedua perusahaan untuk meningkatkan inklusi digital dan keuangan melalui pengembangan sumber daya manusia dan pelatihan usaha kecil. Pada tahun 2020, Grab telah melatih lebih dari 1,7 juta mitra pengemudi melalui platformnya di berbagai bidang, seperti literasi digital dan keuangan. Bulan lalu, dengan investasi filantropi awal sebesar $25 juta dari Mastercard Impact Fund, Mastercard meluncurkan Strive, sebuah inisiatif global yang berfokus pada penguatan ketahanan keuangan usaha kecil, serta mendukung pemulihan dan pertumbuhan mereka. (boy)

MIXADVERT JASAPRO