Tekno  

Tips Ampuh Kembalikan Email yang Terhapus di Gmail

JagatBisnis.com – Menerima puluhan atau ratusan email di kolom inbox Gmail mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi sejumlah orang. Namun tidak jarang, kondisi tersebut membuat seseorang menjadi kerepotan. Akibatnya, terkadang ada kemungkinan pengguna menghapus sejumlah email di Gmail karena ketidaksengajaan. Hal ini tentu membuat frustasi, terlebih jika email tersebut berisi pesan penting.

Beruntung, Google menyediakan fungsi untuk mengembalikan sejumlah email yang sudah terhapus. Untuk itu, pengguna Gmail membutuhkan bantuan untuk mengembalikan email yang terhapus. Di antaranya, pengguna Gmail harus memanfaatkan fungsi undo. Karena saat pertama kali menghapus email, pengguna akan menemukan notifikasi kecil yang muncul di layar.

Notifikasi itu berisi keterangan percakapan yang dihapus sudah dipindahkan ke folder Trash (tempat sampah). Biasanya, notifikasi tersebut akan disertai opsi undo di sebelahnya. Apabila merasa salah menghapus email dan ingin mengembalikannya, langsung saja pilih opsi undo tersebut. Setelah itu, email akan langsung muncul kembali. Namun perlu diingat, notifikasi ini muncul hanya beberapa detik setelah pesan dihapus.

Baca Juga :   Google Ikut Rayakan Hari Valentine Day 202l Lewat Doodle

Apabila terlewat untuk menekan tombol undo saat menghapus sebuah pesan, pengguna Gmail dapat langsung mengakses folder trash. Sesuai namanya, folder ini berisi pesan yang sudah dihapus. Karena Google akan menyimpan email yang sudah dihapus selama 30 hari di trash, sebelum menghapus secara permanen.

Baca Juga :   Alasan Gaza Tampak Buram di Google Maps

Jadi sebelum 30 hari, pengguna masih bisa mengembalikan email yang sudah dihapus ke tempat asalnya. Untuk melakukannya, kamu tinggal buka folder trash dan cari pesan yang ingin dikembalikan. Setelah itu bisa klik kanan dan pilih opsi move to inbox.

Lantas bagaimana dengan pesan yang sudah terhapus secara permanen dari folder tash? Saat hal itu terjadi, kamu tidak bisa lagi memanfaatkan fitur di Gmail, melainkan harus langsung menghubungi Google. Untuk pengguna akun Google atau Gmail biasa, ada cara terakhir untuk mengembalikan email dengan meminta bantuan langsung pihak Google. Perusahaan juga sudah menyediakan formulir pengajuan untuk hal ini, tapi memang tidak seluruh permintaan dapat dipenuhi.

Baca Juga :   Mulai 15 Juni, Google Play Movie di Smart TV Dihentikan

Sementara untuk pengguna akun G Suite, kamu dapat mengontak admin pengelola akun. Sebab, admin pengelola akun memiliki 25 hari tambahan untuk mengembalikan email yang sudah dihapus permanen. (esa/*)

MIXADVERT JASAPRO