Zuckerberg Hilang USD6 Miliar

JagatBisnis.com –  Saham Facebook (FB) turun sekitar 5 persen pada Senin (4/10/2021),
dampak dari padamnya layanan raksasa media sosial itu. Setelah layanan WhatsApp (WA), Facebook (FB) dan Instagram (IG) sempat down secara seretak di berbagai negara di dunia.

Penurunan harga saham FB merugikan Mark Zuckerberg salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan tersebut. Mark Zuckerberg menggenggam sekitar 15 persen saham FB. Dengan penurunan harga saat ini, maka Mark kehilangan hartanya hingga USD 6 miliar atau sekitar Rp85 triliun (estimasi kurs 14.264 per dolar AS). Penurunan harta kekayaan ini juga membuat posisi Mark turun dalam peringkat orang terkaya di dunia.

Dikutip dari Fox Business, Selasa (5/10/2021), menurut daftar miliarder real-time Forbes, penurunan itu memindahkan Zuckerberg dari posisi 5 ke posisi 6 dari daftar orang terkaya di dunia. kekayaan Mark di angka USD116,8 miliar, tertinggal dari Larry Ellison yang sebesar USD117,5 miliar.

Sedangkan, Bill Gates berada di urutan ke-4 dengan kekayaan bersih USD128,8 miliar, mengikuti posisi 3 Bernard Arnault dengan USD173,3 miliar. Untuk Posisi 2 masih diduduii Jeff Bezos dengan USD186,6 miliar, dan orang terkaya di dunia, Elon Musk, dengan USD201,2 miliar.

Perlu diketahui, layanan FB, IG dan WA sempat down secara serentaj du berbagai negara di dunia sekitar pukul 23.06 WIB, Senin (4/10/2021). Pemadaman terus berlanjut hingga penutupan bursa di AS.

Tak hanya di Indonesia atau Asia Tenggara, laporan yang masuk soal hal tersebut datang dari berbagai negara di dunia. Saat berita ini di publish, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan FB mempermasalahkan. Sedangkan untuk WA down sendiri ada sekitar 54 ribuan. Untuk IG dan FB Messenger ada sekitar 1,691 dan 2,984 laporan yang masuk.

Butuh berjam-jam bagi FB untuk memulihkan layanannya yang tumbang berjamaah. Menurut The Verge, Selasa (5/10/2021), setidaknya FB butuh waktu setidaknya 6 jam untuk memperbaiki layanannya. Sementara, IG dan WA masih down.

Diungkapkan pula oleh The Verge, ini merupakan gangguan terparah yang dialami layanan media sosial sejak 2019. Karena saat itu layanan FB sempat down lebih dari 24 jam dan membuat banyak bisnis kecil dan menengah serta kreator yang bergantung pada layanannya terdampak. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button