XL Axiata Bangun Infrastruktur Private Cloud untuk Eksistem 5G

JagatBisnis.com –  Dalam rangka mendukung dan menyiapkan ekosistem 5G, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) membangun infrastruktur teknologi informasi (TI) berbasis private cloud. Untuk proyek tersebut, XL menjalin kerjasama dengan NTT Ltd.

Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk implementasi jaringan layanan 5G, mereka membutuhkan kesiapan yang matang. Baik dari segi jaringan dan juga ekosistem pendukung yang kuat.

“Kerja sama dengan NTT ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memperkuat sistem yang kami miliki,” sebutnya.

Sementara itu, CEO NTT Indonesia Solutions, Hendra Lesmana menyatakan bahwa pihaknya memiliki hubungan yang baik dengan banyak penyedia teknologi. Untuk itu, NTT optimis akan mampu memberikan dukungan maksimal kepada XL Axiata dalam usaha menyatukan infrastruktur berbasis cloud.

“Kami senang mendapat kepercayaan dari XL Axiata ini. Sebagian besar klien – klien kami memiliki tujuan mempercepat migrasi cloud untuk transformasi digital, tetapi banyak di antaranya terkendala dengan kompleksitas konsolidasi infrastruktur lama mereka dan desakan persaingan pasar yang ketat dalam lanskap telekomunikasi saat ini. ”

Menurut Hendra, dengan mengintegrasikan solusi dari VMware, Cisco, F5, Check Point, Dell, Veeam, dan McAfee ke dalam satu solusi infrastruktur TI terpadu berbasis cloud, NTT mengkonsolidasikan komponen dari ujung ke ujung, seperti server, penyimpanan data, jaringan dan keamanan. Dengan begitu XL Axiata dapat mempercepat kelincahan layanannya, serta menyederhanakan konfigurasi jaringan dan keamanan untuk mempertahankan dominasi pasar dan kepemimpinan jaringan yang kuat.

Solusi yang dibangun oleh NTT juga memungkinkan XL Axiata untuk mengotomatisasikan proses penyediaan dan permintaan layanan TI yang berulang, selain memusatkan model operasional TI-nya. Manfaat lainnya termasuk membantu XL Axiata meningkatkan produktivitas sumber daya TI dan menyederhanakan operasional pemulihan cadangan data. Hasilnya, XL Axiata sekarang dapat menikmati pengurangan biaya dan peningkatan visibilitas dari ujung ke ujung untuk setiap divisi, dengan membuka banyak potensi untuk berkembang di masa depan sembari tetap mengendalikan biaya yang timbul.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button