World Zakat Forum Kutuk Serangan Israel ke Palestina

JagatBisnis.com –  Tragedi serangan yang terjadi di Palestina kembali menjadi perhatian berbagai pihak di seluruh dunia, termasuk World Zakat Forum (WZF). Lewat pernyataan sikapnya, organisasi ini mengutuk serangan yang dilakukan pemerintah Israel di Palestina serta mengajak masyarakat membantu para korban salah satunya lewat zakat.

Deputy Secretary General WZF, Elnur Salihovic mengatakan Israel telah melanggar hukum internasional, hukum kemanusiaan, dan hak asasi manusia terhadap warga Palestina di tanahnya sendiri. Ia menyebutkan, serangan yang berlangsung sejak akhir Ramadhan telah menewaskan lebih dari 212 orang termasuk di antaranya 61 anak-anak, 36 perempuan, dan 16 orang lanjut usia.

“Serangan Israel terhadap Palestina selama Idul Fitri tidak hanya melanggar hak asasi manusia internasional tetapi juga menghancurkan kerukunan umat beragama di seluruh dunia yang tidak bisa dimaafkan,” ujar Elnur dalam Konferensi Pers World Zakat Forum Response Towards Palestine yang berlangsung virtual, Rabu (19/5/2021).

Sementara itu, Secretary General WZF sekaligus Wakil Ketua BAZNAS RI, Zainulbahar Noor mengatakan dunia tidak boleh menutup mata akan kekerasan yang sedang terjadi ini.

“WZF ingin agar seluruh bangsa mengingat bahwa masalah ini tidak terbatas pada masalah agama, kami tegaskan bahwa ini adalah masalah kemanusiaan dan keadilan. Tidak ada bangsa yang boleh menghadapi apartheid, tidak ada bangsa yang boleh hidup dalam ketakutan dan penderitaan,” tegas Zainulbahar.

Ia mengatakan kekuatan dari WZF yang beranggotakan 40 negara ini bukan untuk menyerang kembali Israel. Akan tetapi, WZF berupaya untuk berkontribusi membantu Palestina melalui pengumpulan zakat dari negara-negara anggota.

“Secara finansial, kami ingin membantu saudara-saudari kami di Palestina yang sekarang sangat menderita karena penyerangan Israel. Di sisi lain, kami juga ingin organisasi di seluruh dunia untuk mengutuk penyerangan Israel dan bersama-sama menghentikan kebrutalan yang sekarang terjadi dengan adanya penyerangan,” katanya.

Zainulbahar pun mengungkap pihaknya tengah berkoordinasi dengan berbagai organisasi filantropi global untuk mengumpulkan bantuan bagi Palestina. Ia berharap, berbagai bentuk donasi tersebut dapat disalurkan untuk membangun kembali Palestina yang mengalami kerusakan rumah warga maupun fasilitas publik.

“Itulah langkah yang akan kita ambil, pada pertemuan sekretariat dan deputi WZF berikutnya kami akan membahas hal itu. Kita akan menggandeng organisasi filantropi lainnya, khususnya di negara-negara anggota WZF. Lalu, kami juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengajak semua organisasi berdonasi ke saudara-saudara di Palestina,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Zainulbahar juga mengutip perkataan Desmond Tutu yang berbunyi “If you are neutral in situation of injustice, you have chosen the side of the oppressor”. Oleh karena itu, lanjutnya, ia mengajak seluruh bangsa untuk tidak lagi diam dan netral tetapi menindaklanjuti ketidakadilan ini.

“Mari kita semua berdoa dan melakukan yang terbaik untuk melawan penindas atas nama keadilan, atas nama kemanusiaan, dan atas nama Allah,” katanya.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button