WhatsApp Kini Sudah Bisa Digunakan

JagatBisnis.com –  WhatsApp dilaporkan sudah normal kembali. Dilansir dari situs Downdetector pada Kamis sore, 14 Oktober 2021, sudah tidak ada lagi laporan dari pengguna aplikasi pesan instan milik Facebook ini. Di situ tertulis bahwa laporan pengguna tidak mengindikasikan ada masalah di WhatsApp.

Laporan dari pengguna sudah terjadi sejak tadi pagi. Sementara laporan tertinggi terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Masalah terbanyak yang dilaporkan ada pada situs web di desktop dengan persentase 40 persen, mengirim pesan 40 persen, dan aplikasi 20 persen.

Berita Terkait

Padahal, baru pekan lalu WhatsApp mengalami padam, senasib dengan induknya Facebook serta Instagram. Penurunan terjadi di seluruh dunia selama lebih dari enam jam.

Wakil Direktur Infrastruktur Facebook, Santosh Janardhan, mengaku jika pemadaman dalam skala besar ini dipicu sistem yang mengatur kapasitas jaringan tulang punggung Facebook.

Tulang punggung yang dimaksud adalah jaringan yang dibangun Facebook untuk menghubungkan semua fasilitas komputasi.

Jaringan tulang punggung ini berupa kabel serat optik sepanjang puluhan ribu mil yang menghubungkan semua pusat data (data center) milik Facebook. Lalu lintas data antarfasilitas komputasi ini diatur oleh router.

Secara berkala, Facebook mengadakan perawatan infrastruktur, seperti memperbaiki kabel yang rusak dan memperbarui perangkat lunak di router.

Saat perawatan infrastruktur kemarin, Facebook bermaksud memasukkan perintah (command) untuk memeriksa ketersediaan kapasitas tulang punggung. Tapi, perintah tersebut justru memutus pusat data mereka.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button