Waspada, Malas Sikat Gigi Bikin COVID-19 Mudah Berkembang Biak

JagatBisnis.com – Pimpinan Pengasuh Besar Aliansi Dokter Gigi Indonesia( PDGI), Dokter. drg. R. Meter. Sri Hananto Seno, Sp. BM (K). Milimeter, mengatakan, terdapat akibat kurang baik yang mengintai jika kita berat kaki menggosok gigi.

Bagi ia, 24 jam setelah kita tidak menggosok gigi sudah terjadi peragian jasad renik yang ada pada plak gigi. Peragian ini akan jadi peradangan gusi yang tidak bisa dipulihkan cuma dengan menggosok gigi saja.

” Oleh karena itu, peradangan akan besar sekali apabila COVID- 19 masuk ke dalam peradangan. Penyebarannya 3 kali lebih kilat ke saluran pembuluh darah ataupun lebih dalam lagi ke saraf, itu akan lebih parah,” ucapnya saat Rapat Pers Virtual Pepsodent, Jumat 19 Maret 2021.

Artinya, bagi dokter Seno, bila mulut dan gigi tidak bersih dan segar, perihal ini akan memesatkan cara perkembangbiakan COVID- 19 yang akan jadi parah. Hingga dari itu, melindungi kebersihan mulut harus dilakukan.

” Nah, kebersihan ini harus, biar COVID- 19 ini tidak bertumbuh biak di dalam badan- badan gusi. Badan- badan gusi ini akan lebih besar apabila terdapat COVID- 19. Dan COVID- 19 akan memesatkan perkembangbiakannya jika terdapat alat yang sudah terjadi sesuatu peradangan,” jelas dokter Seno.

Lebih lanjut dokter Seno mengatakan, ini tidaklah masalah yang sepele. Plak yang tidak dibersihkan dalam 24 jam, akan menyebabkan peradangan yang akrab hubungannya dengan COVID- 19.

” Jadi, peradangan gusi itu cuma disebabkan karena plak saja. Plak yang tidak gosok gigi selama 24 jam, muncullah peragian yang menyebabkan kuman- kuman itu melanda dataran gusi dan menyebabkan sesuatu peradangan,” lanjutnya.

Bagi dokter Seno, korelasinya merupakan jika kita berat kaki menggosok gigi, hingga terus menjadi besar pula mungkin COVID- 19 untuk bertumbuh biak pada gusi- gusi yang meradang.

” Ataupun kebalikannya, jika sudah terdapat COVID- 19 hingga peradangan juga akan lebih cepet. Artinya itu pengertiannya amat deket sekali, antara peradangan, gusi dengan COVID- 19. COVID- 19 dengan peradangan itu amat dekat sekali hubungannya, silih memantapkan. Penyakit ini silih memberikan akibat minus,” kata dokter Seno.

Hingga dari itu, dokter Seno menganjurkan untuk senantiasa melindungi kesehatan gigi. Gimana caranya?

” Tak sulit kenapa. Gosok gigi pada malam hari saat sebelum tidur dan setelah makan pagi. Itu aja kuncinya,” tegasnya. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button