Warga yang Komorbid Diminta Jaga Diri

JagatBisnis.com –  Bagi masyarakat yang punya penyakit penyerta (komorbid) tidak atau belum divaksinasi Covid-19, diminta jaga diri dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Karena Corona akan sangat berbahaya bagi warga yang belum divaksinasi, khususnya bagi yang memiliki komorbid.

“Warga yang memiliki penyakit penyerta akan menjadi sasaran bagi virus Corona. Oleh karena itu, bagi mereka yang mempunyai komorbid yang sulit disembuhkan harus bisa menjaga diri,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Kemulan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, seperti keterangan tertulis dikutip di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Berita Terkait

Dia menyebutkan, ada pun beberapa komorbid yang menjadi sasaran Covid-19, di antaranya hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit pernapasan, dan penyakit ginjal. Oleh sebab itu, masyarakat yang memiliki komorbid dan sulit disembuhkan untuk terus memperketat prokes demi menjaga keselamatannya.

“Kalau tidak bisa divaksin, misalnya yang diabetes, tolong betul-betul menjaga diri. Memakai masker, cuci tangan, dan maskernya kalau perlu didobel,” pesan Muhadjir.

Dia menjelaskan, untuk orang dengan komorbid yang masih bisa disembuhkan, seperti penyakit hipertensi, bisa diobati dengan baik sampai tekanan darahnya normal dan dapat menerima vaksin Covid-19. Tak hanya itu saja, masyarakat yang sehat dan tidak memiliki penyakit komorbid agar segera divaksin.

“Selain melindungi diri sendiri, vaksin juga akan sangat melindungi mereka yang tidak bisa menerima vaksin. Untuk yang tidak punya komorbid itu harus sgera divaksin. Karena kalau dia kena Covid-19 memang mungkin dia selamat, tapi yang berbahaya itu kalau ada saudaranya yang komorbid itu ketularan. Itu yang berbahaya,” bebernya.

Menurut dia, apabila nanti Covid-19 telah hilang, semua orang bisa bekerja secara normal. Makanya, masyarakat diminta saling mengingatkan dan mengajak mereka yang belum vaksinasi agar beramai-ramai ke lokasi vaksinasi untuk segera mendapatkan suntikan.

“Demi menjaga diri, keluarga dan masyarakat, maka semua warga harus divaksin. Bagi yang belum vaksin harus segera vaksin,” tegasnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button