Warga Tangerang Diizinkan Berziarah ke Kubur saat Lebaran

JagatBisnis.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama sejumlah kepala wilayah di wilayah Jabodetabek akur meniadakan kegiatan kunjungan kuburan selama prei Idulfitri ataupun rentang waktu 12 sampai 16 Mei 2021. Perihal ini dilakukan, untuk mengurangi aktivasi masyarakat rute wilayah selama rentang waktu Idulfitri.

Tetapi, perihal itu tidak legal diwilayah Kabupaten Tangerang. Dimana, penguasa wilayah setempat memilah untuk tetap memperbolehkan kegiatan kunjungan dan membuka TPU (Tempat Penguburan Biasa), tetapi dengan pemisahan kapasitas 50 persen.

” Itu kan ketentuan Gubernur DKI, jika kita masih nunggu ketentuan dari Gubernur Banten. Tetapi nyatanya, perihal itu tidak dapat diaplikasikan, karena waktunya sudah tidak terdapat mengenang sesaat lagi hari raya, jadi lebih bagus imbauan dan pemisahan kapasitas,” tutur Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar Selasa, 11 Mei 2021.

Zaki pula memperhitungkan, bila ketentuan itu pula terkesan berhimpit, karena setiap wilayah yang terdapat di wilayahnya tidak dapat dengan cara praktis mempraktikkan ketentuan itu.

” Ini berhimpit, larangan- larangan itu seharusnya sudah dibuat jauh- jauh hari. Padahal, setiap terdapat pertemuan, aku senantiasa sampaikan apa saja pantangan yang akan dibuat, biar terdapat durasi sosialisasinya. Jika sudah situasi ini, tidak dapat lagi, makanya kita imbauan saja, dengan tetap piket aturan kesehatan,” ucapnya.

Grupnya pula akan menaruh satuan kewajiban untuk melakukan pengawasan TPU yang terdapat di Kabupaten Tangerang. Di posisi TPU juga, wajib diadakan hand sanitizer ataupun posisi mencuci tangan.

” Jika durasi berhimpit demikian ini, betul sudah, yang dapat kita jalani esok ditempat tempat yang mungkin terjadi kerawanan gerombolan merupakan dengan sebarkan hand sanitizer, lalu penempatan satgas untuk menghalangi kapasitas sampai piket jarak,” ucapnya.

Sebelumnya, Penguasa Provinsi DKI Jakarta bersama sejumlah kepala wilayah menutup sementara kegiatan kunjungan kuburan di posisi Tempat Penguburan Biasa( TPU) yang terdapat di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor( Jabodetabek).

Perihal itu dikatakan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bersama Kapolda Metro Berhasil, Inspektur Jenderal Polisi, Fadil Imran, Komandan Panglima Berhasil, Mayjen Tentara Nasional Indonesia(TNI) Dudung Abdurachman, Orang tua Kota Bogor, Bima Arya, dan barisan wilayah orang sebelah di Gedung Kota, Jakarta Pusat.

” Kegiatan kunjungan kuburan ditiadakan mulai ditiadakan bertepatan pada 12 Mei hingga dengan hari minggu 16 Mei. Semua penguburan di Jabodetabek akan ditutup dari wisatawan untuk kunjungan,” tutur Anies.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button