Warga Jakarta Dapat Subsidi Air Bersih dari Sungai Ciliwung

JagatBisnis.com – Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya akan mendistribusikan air bersih dari Sungai Ciliwung melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) Ciliwung di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mulai 2023 mendatang. IPA Ciliwung berfungsi untuk mengoptimalkan air baku dari Sungai Ciliwung saat ini dalam proses pembangunan.

“Kami membangun penjernihan air sekitar 200 liter per detik untuk dimanfaatkan sebagai sumber air baku dari Ciliwung. Air itu distribusikan untuk mengaliri daerah Pasar Minggu dan sekitarnya,” kata Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo, Minggu (15/11/2021).

Dia menjelaskan, saat ini kebutuhan air bersih di DKI Jakarta sebagian besar didistribusikan dari Waduk Jatiluhur, air baku dari Tangerang, dan sisanya dari embung-embung di Jakarta. Setelah pembangunan IPA Ciliwung selesai pada akhir 2022, air baku dari Sungai Ciliwung untuk diolah dan didistribusikan melalui jaringan perpipaan rumah tangga akan dioptimalkan.

Sementara itu, Direktur Pelayanan PAM Jaya, Syahrul menambahkan, IPA Ciliwung akan melayani kebutuhan air bersih ke 14.900 sambungan perpipaan rumah tangga atau sekitar 155.550 jiwa. Mereka berada di kawasan Pancoran, Rawajati, Duren Tiga, Kalibata, dan Pengadegan, Jakarta Selatan.

“Dengan pembangunan IPA Ciliwung ini, membuktikan kondisi Sungai Ciliwung sudah membaik. Ke depan, Sungai Ciliwung diharapkan kebermanfaatannya akan jauh lebih baik lagi bagi warga Jakarta,” pungkas Syahrul. (*/eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button