Warga DKI Diminta Waspada karena Diprediksi Cuaca Ekstrem Terjadi hingga 6 November 2021

JagatBisnis.com – Warga DKI Jakarta perlu waspada dengan cuaca ekstrem yang akan berlangsung selama sepekan hingga 6 November 2021 mendatang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan warganya untuk waspada terhadap cuaca ekstrem.

Informasi tersebut disampaikan oleh BPBD DKI melalui akun instagramnya. Dikatakan, akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang sampai hari Sabtu mendatang, 6 November 2021.

“BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 31 Oktober – 06 November 2021 dapat terjadi di wilayah DKI Jakarta

BPBD DKI meminta agar masyarakat DKI Jakarta tetap waspada. Beberapa potensi cuaca ekstrem seperti hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es dapat terjadi.

“Dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” jelasnya.

Warga Jakarta diharapkan membaca buku saku ‘Panduan Kesiapan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat’ melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir. Dan terus memperbaharui informasi mengenai Tinggi Muka Air (TMA) melalui situs resmi BPBD, http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel.

Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112. Kamu juga bisa melaporkan bila ditemukan genangan/ banjir melalui aplikasi JAKI.

Kamu perlu menjaga tubuh kamu agar tetap fit di saat menghadapi cuaca ekstrem yang akan terjadi selama sepekan ini, berikut tipsnya:

Istirahat yang Cukup
Di saat cuaca ekstrem ini, perlu sekali menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Salah satunya yaitu istirahat yang cukup. Daya tahan tubuh yang kuat dipengaruhi karena memiliki waktu istirahat yang cukup.

Untuk durasi istirahat yang cukup, baik dan benar untuk tubuh adalah sekitar 7 hingga 8 jam setiap harinya untuk mendapatkan kebugaran tubuh.

Pola Makan yang Sehat
Makanan menjadi asupan untuk kebutuhan tubuh kita. Jadi jangan sembarangan mengkonsumsi makanan jika terlanjur lapar. Perhatikan porsi, gizi, teratur, dan kebersihannya.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan
Kebersihan diri dan lingkungan menjadi faktor tempat berkumpulnya bakteri ataupun sarang virus penyakit. Maka dari itu, kamu perlu melakukan dengan rutin menjaga kebersihan diri seperti mandi, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan sebelum masak, mencuci tangan setelah dari toilet, membersihkan tubuh setelah bepergian dari kegiatan di luar rumah.

Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Hilangkan kebiasan buruk seperti begadang, jajan sembarangan, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan tidur saat pagi hari. Semua hal ini bisa merusak metabolisme tubuh kita dan merusak kesehatan serta daya tahan tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih
Dalam tubuh manusia 2/3 bagian merupakan kandungan air, sehingga sangat diperlukan mengkonsumsi air putih yang banyak agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi untuk melakukan aktifitas. Disarankan untuk konsumsi air putih sebanyak 2 hingga 3 liter setiap harinya.

Rutin Olahraga
Melakukan aktifitas olahraga secara rutin memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berolahraga dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga sel darah putih kita dapat tersebar menjangkau semua bagian tubuh dengan begitu daya tahan tubuh kita terjaga.

Konsumsi Suplemen
konsumsi suplemen seperti vitamin akan membantu proteksi tubuh kita dari serangan penyakit. Disaat cuaca ekstrem ini, kamu memerlukan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button