Vaksinasi pada Penyintas Covid-19, Mampu Beri Perlindungan Maksimal

JagatBisnis.com –  Tenyata vaksinasi dapat memberikan perlindungan yang lebih baik pada para penyitas Covid-19. Studi terbaru itu merupakan temuan dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat. Sehingga diharapkan akan membantu menyelesaikan perdebatan soal pentingnya vaksinasi bagi para penyintas.

“Semua orang yang memenuhi syarat harus mengikuti vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin, termasuk orang yang sebelumnya terinfeksi Covid-19,” tulis peneliti dalam laporan mingguan CDC, MMWR, seperti dikutip, Senin (1/11/2021).

Direktur CDC, Rochelle Walensky menjelaskan, para peneliti mengumpulkan data dari 7 ribu orang yang dirawat di 187 rumah sakit di 9 negara bagian. Karena penyakit mirip Covid-19 pada periode Januari-September 2021. Semua partisipan menjalani tes Covid-19.

“Ditemukan, mereka yang belum mendapatkan vaksinasi memiliki kemungkinan 5,49 kali lebih besar positif Covid-19 dibandingkan mereka yang telah mendapatkan vaksinasi dalam 3-6 bulan terakhir,” ungkap Walensky.

Selain itu, lanjutnya, studi juga menemukan, manfaat vaksinasi lebih tinggi pada penerima vaksin Moderna daripada Pfier-BioNTech. Hal ini konsisten dengan temuan sebelumnya yang menyebutkan vaksin Moderna lebih efektif mencegah perawatan di rumah sakit daripada Pfizer.

“Studi tersebut dirancang untuk membandingkan dua kelompok dengan jenis kekebalan berbedan, yakni kekebalan alami tubuh yang terbentuk karena infeksi dan kekebalan dari vaksinasi,” paparnya.

Diakui, temuan ini menjadi bukti tambahan yang menegaskan pentingnya vaksin Covid-19, termasuk bagi penyintas. Bahkan, studi ini menambah lebih banyak bukti yang menunjukkan perlindungan vaksin terhadap penyakit parah dari Covid-19.

“Cara terbaik untuk menghentikan Covid-19, termasuk kemunculan varian, adalah dengan vaksinasi Covid-19 yang meluas dan dengan tindakan pencegahan penyakit seperti pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak, dan tetap di rumah saat sakit,”tutup Walensky. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button