UKM Indonesia Bidik Pasar Dunia di Dubai Expo 2020

JagatBisnis.com – UKM Indonesia ikut berpartisipasi dalam Dubai Expo 2020 yang diselenggarakan 1 Oktober 2021 – 31 Maret 2022 mendatang. Keterlibatan UKM Indonesia dalam Dubai Expo 2020 merupakan ajang strategis untuk menunjukkan potensinya kepada pasar dunia.

“Ini merupakan momen yang tepat untuk menciptakan iklim investasi, kerjasama dan peluang perdagangan berkelanjutan bagi UMKM di tanah air,” kata Deputi UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba,  dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Berita Terkait

Dia menjelaskan, paviliun Indonesia dalam
kegaiatan yang bertema “Creating the Future, From Indonesia To the World”,
selama 6 bulan ke depan akan menampilkan lebih dari 300 produk UMKM siap ekspor. Adapun komoditas yang ditampilkan lain, kerajinan, interior, tekstil hingga produk fesyen.

“Di ajang ini, kami berpartisipasi dengan membawa produk yang memanfaatkan natural resources, produk rempah olahan untuk mendorong program spice up to the world, penerapan research and development dalam waste management, dan healthy food,” ungkapnya.

Menurut dia, produk homedecor premium memanfaatkan bahan alami dan bahan daur ulang seperti eceng gondok, lamun, kulit pisang, mendong dan kayu daur ulang. UKM bekerja sama dengan pengrajin rumah tangga dan menciptakan ekosistem usaha yang berkelanjutan dan fair trade.

“Semakin intensifnya UMKM Indonesia dalam berbagai pameran diyakini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kontribusi ekspor UKM terhadap nilai ekspor nasional. Kami optimistis UMKM dapat berkontribusi lebih dari 17 persen terhadap nilai ekspor nasional pada 2024,” tutupnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button