Toilet Kuno Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

JagatBisnis.com – Para arkeolog di Yerusalem menemukan toilet pribadi yang berasal dari abad ke-7 SM atau sekitar 2.700 tahun yang lalu. Toilet tersebut ditemukan oleh Otoritas Barang Antik Israel selama penggalian arkeologi di dekat kompleks wisata Beit Shatz di Armon Hanatziv di Yerusalem.

Direktur penggalian untuk Otoritas Barang Antik Israel, Yaakov Billig, mengatakan, para pekerja menemukan kamar mandi dari periode First Temple (Kuil Pertama). Toilet kuno ini ditemukan di antara reruntuhan bangunan yang menghadap Kota Daud di lokasi pemukiman paling awal Yerusalem, dan Temple Mount, situs suci penting yang dihormati dalam Yudaisme, Kristen, dan Islam.

“Penggalian tersebut dilakukan untuk pembangunan pusat wisata baru,” katanya. Rabu (6/10/2021).

Dia menjelaskan, toilet dari batu kapur yang diukir di batuan dasar adalah barang langka selama periodenya. Bahkan, penggunaa toilet sangat langka di dunia kuno, hanya orang-orang sangat kaya atau pejabat kerajaan yang kemungkinan besar menggunakannya. Fakta dari penemuan ini, toilet pribadi menjadi simbol status nyata untuk budaya kuno ini yang hanya diberikan oleh elit paling bergengsi.

“Bilik toilet pribadi sangat langka di zaman kuno, dan hanya sedikit yang ditemukan hingga saat ini, kebanyakan di Kota Daud.
Kamar mandinya terdiri dari ruangan berbentuk persegi panjang dengan toilet duduk yang diukir dari batu kapur. Di bawah toilet, kami menemukan septic tank besar berisi koleksi tembikar dari periode dan sejumlah tulang binatang,” paparnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button