Tips Mudah Kurangi Asap Mobil Bermesin Diesel

JagatBisnis.com – Mesin diesel umumnya digunakan sebagai sumber penggerak kendaraan komersial. Besarnya torsi yang dihasilkan jadi alasan, mengapa teknologi tersebut jadi pilihan.

Meski demikian, ada juga beberapa mobil penumpang yang dibekali dengan mesin diesel. Jumlahnya saat ini sudah berkurang, tidak sebanyak puluhan tahun lalu.

Salah satu alasan mengapa mobil bermesin diesel ditinggalkan konsumen, yakni karena asap yang dihasilkan sangat pekat dan berkontribusi besar terhadap pencemaran lingkungan.

Faktor yang menyebabkan keluarnya asap hitam dari knalpot, yakni teknologi mesin diesel yang belum berubah banyak serta jenis bahan bakar yang digunakan kualitasnya masih rendah.

Dikutip dari laman Drivespark, Selasa 19 Oktober 2021, munculnya asap hitam disebabkan oleh bahan bakar diesel yang tidak optimal saat terbakar, yang diakibatkan oleh masuknya sisa pembakaran ke dalam silinder.

Selain itu bahan bakar diesel yang masuk juga bisa saja tercampur dengan bahan lainnya, sehingga pembakaran jadi tidak bagus dan berujung pada munculnya asap hitam.

Salah satu solusi untuk mengatasi hal itu, yakni dengan menggunakan bahan bakar diesel yang berkualitas tinggi. Sayangnya, hal itu terkadang tidak memungkinkan karena tidak tersedianya BBM yang dibutuhkan di lokasi.

Alternatifnya, tangki bensin dapat diisi dengan aditif yang berfungsi menaikkan kualitas BBM diesel sehingga pembakaran jadi lebih sempurna.

Seperti yang ditawarkan oleh Hot Shot’s Secret, merek dari LSI Chemical yang bakal resmi dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. PT Papasari sebagai distributor mengatakan, mereka merasa cocok bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

“Dengan pengalaman lebih dari 45 tahun di bidang industri otomotif, kami merasa sangat cocok dengan Hot Shot’s Secret yang merupakan produk dari salah satu perusahaan industri pelumas mesin terbaik di Amerika,” ujar Sales and Product Manager Papasari, Ivan Prasodjo.

Produk aditif BBM yang mereka tawarkan ada dua, pertama yakni diberi nama Diesel Extreme yang dipakau setiap enam bulan sekali. Fungsinya membersihkan dan melindungi tangki.

Kemudian ada Everyday Diesel Treatment atau EDT, yang meningkatkan kualitas bahan bakar diesel dengan mencegah air dan endapan yang menumpuk di sistem bahan bakar. Produk ini dipakai setiap kali mengisi tangki BBM.

Mereka juga memiliki aditif untuk pelumas, yaitu Stiction Eliminator yang digunakan untuk menguras sisa oli dan FR3 Friction Reducer yang berfungsi mengisi dan melekat pada celah-celah mikroskopis di dalam mesin. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button