Tingkatkan Skala Usaha Melalui Jaringan Bisnis Jababeka, KemenKopUKM Gandeng ASENSI

JagatBisnis.com – Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif bagi perekonomian nasional, khususnya pelaku usaha dan UKM di Tanah Air. Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berkolaborasi dengan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), menginisiasi Gerak Bersama melalui Program “Peningkatan Skala Usaha Bagi Wirausaha melalui Jaringan Bisnis” di Jababeka, Jawa Barat.

Gerak Bersama yang dilakukan KemenKopUKM dan ASENSI kali ini mengangkat tema Gotong-royong yang didukung oleh Jababeka Residence yang diadakan di Hollywood Junction Kota Jababeka, beberapa waktu lalu.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam sambutannya secara virtual menyampaikan, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM, terus mendorong peningkatan kualitas wirausaha selama pandemi covid-19.

“Kami mengapresiasi ASENSI yang turut mendukung program peningkatan wirausaha Indonesia agar menciptakan lapangan kerja baru. Wirausaha menjadi penting, sebagai solusi pemulihan perekonomian nasional yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19,” ujar Teten.

Senada dengan Menteri Teten, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan atas kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Wirausaha Indonesia yang inovatif, mapan, berkelanjutan dan mampu menciptakan lapangan kerja.

“Kami juga berharap, dari hasil kolaborasi dengan ASENSI, dapat tercipta proses bisnis yang dapat dikembangkan sehingga terbangun ekosistem dan energi positif dalam rangka pengembangan kewirausahaan nasional yang kokoh. Saya menyampaikan apresiasi kepada ASENSI dengan visi dan misinya untuk pemberdayaan lisensi merek dan produk lokal, khususnya untuk kemajuan dan pengembangan para pelaku UKM,” ucap Siti Azizah.

Susanty Widjaya, Ketua Umum ASENSI menambahkan, pihaknya terus dan akan selalu mendukung peningkatan wirausaha pelaku UKM di Tanah Air.

“Program ini sesuai dengan visi dan misi kami, yakni pemberdayaan lisensi merek dan produk lokal, dan peningkatan skala usaha agar wirausaha merek dan produk lokal ini bisa terus berkembang dan melebarkan sayap ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara ke depannya. Wirausaha merek dan produk lokal dapat menjadi lebih semangat di masa pandemi ini, tetap meningkatkan omzet melalui network, melalui sistem jaringan atau kemitraan, kata kerennya adalah melalui konsep lisensi,” ungkapnya.

Selain itu, Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur PT. Jababeka Residence mengungkapkan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini untuk kemajuan UKM di Indonesia dan menyampaikan dukungannya kepada ASENSI.

“Diawali bazaar sejak tanggal 9 – 14 November 2021. Kedepannya Jababeka Residence berkolaborasi dengan ASENSI membuka Galeri Sentra UKM di Hollywood Junction, Jababeka, yang letaknya strategis dan mudah diakses sebagai respons positif Jababeka mendukung program kegiatan Gerak Bersama ASENSI dan KemenKopUKM sekaligus pendampingan lanjutan melalui CSR Jababeka Residence,” kata nya.

Untuk diketahui, Program ini sudah dimulai dari September lalu. Para wirausaha sudah mendapatkan materi-materi pelatihan bisnis dan konsultasi langsung dengan para pengajar,  termasuk persiapan untuk menuju kepada bisnis, baik merek atau produk yang dapat dimitrakan atau dilisensikan.

Dari hasil edukasi dan kolaborasi ini diharapkan bisa membangun suatu ekosistem dan energi positif seperti bersama Jababeka Residence dengan adanya Bazaar sampai hari Minggu 14 November 2021 untuk ajang tes pasar.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button