Tim SAR DMC Dompet Dhuafa Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir di Subang

JagatBisnis.com – Tim Search and Rescue (SAR) Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa membantu evakuasi korban banjir kampung Kertasari, Pamanukan, Subang, Selasa (9/2/2021). Saat ini Tim SAR DMC masih fokus evakuasi di sekitar pemukiman Pamanukan, Subang, Jawa Barat.

“Siang ini (Selasa, 9/2/2021) Dompet Dhuafa melalui Tim SAR DMC (Disaster Management Center) terjun di dua titik wilayah pantura, Subang dan Indramayu. Di Subang, tepatnya di wilayah Pamanukan, Tim SAR DMC berhasil mengevakuasi penyintas dari kepungan banjir yang merendam kampung Kertasari, Pamanukan, Subang. Tim SAR DMC saat ini masih fokus evakuasi di sekitar pemukiman Pamanukan, Subang, Jawa Barat. Hingga sampai siang ini ketinggian air mencapai 3 meter hingga sedengkul orang dewasa,” ujar Koordinator Tim SAR DMC di Pamanukan, Subang, Adi Sumarna, dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

“Sampai saat ini warga masih banyak yang bertahan, hal tersebut dikarenakan kurangnya tempat pengungsian serta ada pula warga yang masih terjebak banjir, dari awal kejadian persisnya di Toseba dan Pinang Jaya kurang lebih terdapat 400 Kepala Keluarga yang harus dievakuasi,” lanjutnya.

Kendala Tim SAR DMC DD sejauh ini mencakup kurangnya peralatan pendukung seperti spesifikasi perahu karena air arus deras dan area sempit untuk masuk ke perkampungan hingga kurangnya bantuan logistik seperti makanan siap saji, air bersih dan obat-obatan.

“Sementara itu Tim SAR DMC di lokasi yang berbeda tepatnya di wilayah Indramayu, Kecamatan Kandanghaur, Desa Karanganyar Blok Rawa di RT 02 RW 08 terdapat 40 Kepala Keluarga yang terdampak banjir dengan ketinggian mencapai tiga meter,” ujar Koordinator TIM SAR DMC DD di Indramayu, Meizar Helmi, dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

“Hingga siang ini (Selasa, 9/2/2021) Tim SAR DMC DD berhasil mengevakuasi seorang lansia atas nama Tasina berusia 60 tahun untuk kami bawa ke Pos Pengungsian, Tasina terjebak banjir dengan ketinggian 3 meter di wilayah Blok Rawa, Desa Karangayar, Kandanghaur, Indramayu,” tambahnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button