Tidak Hanya di Indonesia Bagian Barat, Kementerian ATR/BPN Sosialisasikan Program Strategis Nasional di Konawe Selatan

JagatBisnis.com – Setelah Kabupaten Temanggung, Kabupaten Landak, Kota Bandung dan Kabupaten Jember, sosialisasi program strategis Kementerian ATR/BPN dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (12/06/2021). Hadir sebagai narasumber, Anggota Komisi II DPR RI, Hugua serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Konawe Selatan, La Ode Muhammad Ruslan Emba.

Hugua pada kesempatan ini menyampaikan esensi dan manfaat dari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). “PTSL bukan sekedar pendaftaran tanah, ini penataan dari tingkat terbawah, kalau tertata ke depan akan keren,” ujarnya.

Mengenai penyiapan dokumen PTSL yang harus disiapkan masyarakat, Hugua menyampaikan agar Pemerintah Daerah membantu masyarakat. “Kepada pemerintah daerah, Backup dengan APBD, agar masyarakat bebas,” ujarnya.

Besarnya manfaat PTSL itu juga diamini oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Konawe Selatan La Ode Muhammad Ruslan Emba. Oleh karenanya, Ia dan jajarannya terus melaksanakan PTSL. “Kabupaten Konawe Selatan ini hampir seluas Pulau Bali, tentunya tidak mudah namun kami terus memaksimalkan sumber daya untuk melaksanakan PTSL ini,” ujarnya.

Pada sosialisasi ini, Hugua didampingi oleh Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tenggara Amrullah; Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Tenggara Ahmad Iswadi; Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Konawe Selatan La Ode Muhammad Ruslan Emba menyerahkan Sertipikat Tanah ke 10 Masyarakat Konawe Selatan.

Sosialisasi ini dilaksanakan melalui pertemuan luring dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat, sesuai dengan anjuran pemerintah. Selain itu, seluruh peserta dan juga panitia telah dipastikan non reaktif Covid-19 melalui tes usap antigen.

Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN dilaksanakan melalui berbagai media, baik pertemuan luring seperti ini maupun media lainnya. “Di samping Reforma agraria dan PTSL, Kementerian ATR/BPN juga melaksanakan Transformasi Digital, Zona Integritas, Reformasi Birokrasi dan program lainnya, kami meningkatkan skala sosialisasi agar informasi segera tersampaikan kepada masyarakat,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga, Indra Gunawan. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button