Tetap Patuhi 3M, Ini 5 Strategi Persiapkan Liburan Disaat Pandemi

jagatBisnis.com – Terlalu lama di rumah membuat kondisi psikis menjadi terganggu. Rasa jenuh dan stres menghadapi rutinitas, jelas memengaruhi imunitas dan produktivitas kita sehari-hari. Wajar jika perasaan bosan timbul, karena kegiatan dan mobilitas kamu yang terbatas.

Liburan bisa menjadi cara untuk recharge dari segala aktivitas dan kesibukan yang ada. Asalkan tetap menerapkan 3M (Menjaga jarak dan jauhi kerumunan, Menggunakan masker, dan Mencuci tangan) secara ketat, kamu bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

Saat berlibur tentunya kita ingin semua hal menjadi mudah. Apalagi dengan sistem serba online yang menjadikan segala urusan travelling lebih praktis. Berikut lima strategi jitu mempersiapkan liburan yang lebih mudah meski di tengah pandemi, dikutip dari siaran pers AirAsia.

Rencanakan dari jauh-jauh hari

Tidak semua hal baik untuk dilakukan secara mendadak, salah satunya adalah liburan. Terutama jika kamu ingin bepergian ke destinasi wisata yang terhitung jauh dari domisili tempat kamu tinggal.

Kalau belum menentukan destinasi, at least kamu sudah menentukan tanggal kapan ingin liburan. Soal tujuan, nanti bisa menyesuaikan dari lamanya kamu menentukan liburan. Apalagi menjelang akhir tahun yang mana sering terjadi peningkatan jumlah wisatawan, perubahan harga tiket pesawat, dan lain-lain.

Bikin itinerary

Sebenarnya ini sangat tergantung dari karakter dan kebiasaan. Namun saat akan berkunjung ke destinasi wisata yang belum pernah kamu kunjungi, ada baiknya membuat rencana perjalanan atau itinerary. Buat list spot-spot mana saja yang worth it untuk didatangi.

Terutama saat berlibur bersama teman, tentunya itinerary perlu dimusyawarahkan seadil-adilnya. Jangan sampai pas sudah sampai, pada bingung enggak tahu mau ke mana.

Tapi, jangan kaku-kaku banget. Karena saat travelling bukan tidak mungkin kamu dihadapkan dengan situasi di luar perencanaan, saat itulah spontanitas diperlukan. Jangan lupa, memilih destinasi outdoor jauh lebih disarankan di masa pandemi.

Buat rekening khusus

Yang namanya dana kebutuhan pokok dan senang-senang memang sebaiknya dipisah. Hal ini supaya memudahkan kamu mengatur keuangan dan tidak mengganggu cash flow. Supaya enggak campur budget sana-sini, sebaiknya kamu membuat lebih dari satu rekening.

Jadi, ada rekening untuk kebutuhan, ada juga rekening untuk budget senang-senang. Mau itu belanja, kulineran, atau liburan. Coba deh, pemisahan rekening akan membuat budget liburan dan pengeluaran rutin jadi lebih rapi dan terkalkulasi dengan baik.

Jangan terpaku dengan oleh-oleh

Umumnya, perempuan lebih sering direpotkan dengan oleh-oleh ketimbang laki-laki. Sah-sah saja tentunya meluangkan waktu dengan membeli oleh-oleh untuk saudara dan kerabat dekat. Tapi jangan terlalu memaksakan juga.

Belilah oleh-oleh semampu dan secukupnya. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli sesuatu secara grosir lebih murah atau barang-barang yang dapat dinikmati secara bersama-sama.

Jelajahi destinasi lokal

Melihat situasi yang ada dan mempermudah persiapan liburan sebaiknya kamu memilih destinasi lokal untuk menghabiskan libur akhir tahun. Destinasi wisata seperti Yogyakarta, Bali, atau kota lainnya, bisa jadi pilihan menarik.

Nah, jika kamu enggak mau pesan tiket pesawat dan hotel sendiri-sendiri, AirAsia sedang mengadakan RABU SNAP it di airasia.com! Ada paket kombo penerbangan PP + Hotel 3H2M di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center dan HARRIS Hotel Tuban di Bali.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button