Tesla Bakal Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Jawa Tengah

jagatBisnis.com – Kabar Tesla yang akan membangun pabriknya di Indonesia bukanlah isapan jempol belaka. Tesla dilaporkan telah menghubungi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan untuk mewujudkan rencananya itu.

Perusahaan yang dimiliki oleh Elon Musk itu ingin membangun pabrik baterai untuk mobil listrik di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah.

Pemerintah Indonesia sendiri kabarnya sudah memberi lampu hijau kepada Tesla untuk membangun pabrik baterai di Tanah Air.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, menyebut bahwa diskusi antara Tesla dan pemerintah masih berlangsung saat ini. kabar pembangunan pabrik baterai oleh Tesla sudah mencuat sejak bulan lalu.

Luhut Pandjaitan mengungkapkan salah satu alasan Tesla ingin membangun pabrik di sini adalah karena Indonesia memiliki cadangan nikel yang banyak. Gayung bersambut, pemerintah juga tengah gencar membangun pabrik.

Tesla sendiri saat ini memang membutuhkan produksi lebih banyak baterai yang menjadi salah satu kendala dalam menciptakan ekosistem kendaraan listrik secara masif. Dilihat dari sumber daya nikelnya, Indonesia  dirasa menjadi lokasi yang cocok untuk mendukung produksi baterai dalam jumlah besar. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button