Terus Dorong Ekspor Dalam Negeri, Bea Cukai Beri Asistensi Kepada Pelaku Usaha

JagatBisnis.com –  Dalam rangka menggali potensi ekspor industri kecil menengah (IKM) dan menjalankan tugas fungsi sebagai industrial assistance, Bea Cukai Pasuruan dan Bea Cukai Madura melaksanakan sosialisasi dan asistensi terkait ketentuan dan fasilitas ekspor.

Bea Cukai Pasuruan memberikan asistensi dengan mendatangi IKM Mitra Tani Modern, yang bergerak di bidang pertanian dengan produk unggulan beras organik, bertempat di Keamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala Seksi PKC IV Bea Cukai Pasuruan, Danang Seno Bintoro bersama IKM melakukan diskusi terkait permasalahan yang dihadapi pelaku usaha selama ini. Selain itu, Bea Cukai Pasuruan juga menginformasikan kiat-kiat agar para pelaku usaha dalam negeri dapat menembus pasar internasional dengan mengekspor hasil produksinya.

“Bea Cukai juga memberikan fasilitas berupa kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) berupa pembebasan bea masuk atas bahan baku atau bahan penolong dan/atau mesin untuk mengembangkan usahanya,” jelas Danang.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 110 /PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Impor Barang dan/atau Bahan, dan/atau Mesin yang Dilakukan oleh Industri Kecil dan Menengah dengan Tujuan Ekspor.

Turut menjalankan misi dalam memfasilitasi perdagangan dan industri, Bea Cukai Madura terus mendukung UMKM untuk bisa merambah ke pasar internasional dengan gencar mengedukasi terkait ketentuan ekpor kepada UMKM di sejumlah lokasi di Madura.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura, Zainul Arifin memberikan pemahaman terkait ekspor kepada UMKM di wilayah Sumenep yang turut dihadiri Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah. Zainul juga menjelaskan bahwa Bea Cukai Madura membuka klinik ekspor yang siap memberikan support kepada UMKM yang akan ekspor.

“Bea Cukai Madura membuka klinik ekspor yang siap membimbing pengusaha mulai dari dokumen ekspor, promosi hingga business matching dengan berbagai negara,” ucap Zainul.

Selain itu, di Pamekasan, Bea Cukai Madura juga memberikan edukasi terkait peran dan fasilitasi Bea Cukai dalam peningkatan ekspor. “Bagi paara pelaku UMKM yang sudah berorientasi ekspor silahkan menghubungi Bea Cukai Madura untuk konsultasi terkait ekspor, akan kita layani dalam klinik ekspor baik secara online maupun datang langsung,” pungkas Zainul. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button