Tak Lama Lagi Tilang ETLE Tahap Dua akan Berlaku

JagatBisnis.com –   Sistem tilang elektronik ataupun Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), sah diberlakukan dengan cara nasional pada akhir Maret lalu. Ratusan kamera dipasang di 12 wilayah Polda.

Catatan wilayah yang sah meresmikan ETLE ialah Polda Metro Berhasil, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Wilayah Eksklusif Yogyakarta, Polda Jawa Timur, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Lampung, Polda Sumatera Barat, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Sulawesi Selatan.

Berita Terkait

Tujuan dari aplikasi teknologi mutahir ini, merupakan untuk tingkatkan rasa patuh berkendara di warga, dan meminimalisir terdapatnya oknum- oknum yang melakukan eksploitasi saat melakukan penindakan pelanggaran lalu rute.

Dengan terdapatnya fakta rekaman kamera yang dapat mengenali piringan hitam nomor dan pelanggaran yang diakukan, hingga aparat tidak butuh berhubungan dengan pengguna alat transportasi.

Sebagian pelanggaran yang bisa direkam ialah melanggar pancang lalu rute dan marka jalur, tidak mengenakan helm standar SNI, memainkan ponsel saat berkendara, menggunakan piringan hitam ilegal, dan tidak menggunakan sabuk pengaman. Dendanya terdapat di kisaran Rp250- 750 ribu.

Kepala Korps Lalu Rute Polri Irjen Istiono mengatakan kalau tak lama lagi akan diberlakukan ETLE langkah 2, di mana jumlah wilayah yang menggunakan sistem tilang berplatform elektronik itu terus menjadi banyak.

“ Rencananya dilaksanakan di Solo esok pada medio Juli, terdapat 13 Polda,” ucap Kakorlantas, diambil dari laman NTMC Polri, Jumat 4 Juni 2021.

Kakorlantas menjelaskan, sejak terdapatnya ETLE jumlah pelanggaran yang terjadi di jalanan menyusut lumayan penting, fakta kalau cara ini efisien.

“ Disiplin warga bertambah sampai 40 persen,” tuturnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button