Stadion Banteng Banten Terburuk di Dunia

JagatBisnis.com – Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati di selouruh dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Tapi ternyata masih banyak stadion di seluruh dunia yang tidak memiliki standar internasional.

Padahal seiring perkembangan jaman, sudah banyak stadion-stadion yang memiliki fasilitas mewah. Akan tetapi terdapat 5 stadion yang masih dalam kategori buruk di dunia. Berikut 5 stadion yersebut.

1. Stadion Benteng (Indonesia)

Indonesia memang salah satu negara dengan pecinta sepakbola terbesar di dunia. Namun sayang, hal tersebut tidak dibarengi dengan kebijakan pemerintah soal membangun fasilitas sepakbola berstandar internasional.

Hal tersebut terbukti dengan munculnya Stadion Benteng di Banten sebagai pemuncak daftar ini. Jika melihat apa yang ada di dalam Stadion Benteng, memang tidak mengherankan jika stadion ini jauh dari kata layak untuk menggelar pertandingan sepakbola.

2. Mbombela Stadium (Afrika Selatan)

Mbombela Stadium merupakan salah satu stadion yang digunakan dalam gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Jika melihat tampilannya, Mbombela Stadium bisa masuk dalam kategori sebagai salah satu stadion terbesar di dunia.

Akan tetapi yang menjadi persoalannya adalah kontroversi dalam izin pembangunan Mbombela Stadium. Pasalnya, pembangunan stadion ini dengan menggunakan izin pembangunan sekolah dan perumahan. Hal itu membuat status Mbombela Stadium menjadi sengketa.

3. Lluis Sitjar Stadium (Spanyol)

Spanyol merupakan salah satu negara dengan perkembangan sepakbola yang luar biasa. Itu terbukti dengan banyaknya stadion mewah nan megah di Negeri Matador tersebut. Namun terdapat satu stadion yang bisa mencoreng nama besar Spanyol, yakni Lluis Sitjar Stadium.

Ya, Lluis Sitjar Stadium awalnya adalah kandang dari peserta Liga Spanyol, Real Mallorca, yang diresmikan sejak 1945. Namun keputusan Mallorca mencari kandang baru pada 1999 jadi awal kehancuran Lluis Sitjar Stadium. Bahkan saat ini, Lluis Sitjar Stadium benar-benar tidak terawat dan jauh untuk bisa layak menggelar sebuah pertandingan sepakbola.

4. Arena Pernambuco (Brasil)

Brasil memang surganya sepakbola, mengingat banyak pemain besar yang lahir di sana. Selain itu pemerintah Brasil juga memanjakan penggemar sepakbola dengan membangun sejumlah stadion mewah di beberapa daerah, salah satunya adalah Arena Pernambuco.

Stadion yang terletak di Sao Lourenco tersebut sejatinya memiliki fasilitas yang mumpuni dengan kapasitas cukup besar. Namun kekurangannya adalah buruknya penyerapan air kala hujan lebat. Hal itu membuat lapangan di Arena Pernambuco tergenang setiap laga yang berjalan kala hujan. Selain itu, Arena Pernambuco juga terletak di daerah rawan kriminalitas.

5. Ninh Binh Stadium (Vietnam)

Vietnam boleh bangga dengan prestasi sepakbola mereka yang bisa dikatakan cukup mengesankan untuk ukuran negara asal Asia Tenggara. Namun di luar dari prestasi membanggakan tim nasional mereka, Vietnam nyatanya memiliki kekurangan dalam hal pemerataan infrastruktur sepakbola.

Itu terbukti dengan munculnya nama Ninh Binh Stadium dalam daftar ini. Ya, Ninh Binh Stadium masih sebagai salah satu stadion terburuk di dunia, lantaran fasilitasnya benar-benar mengecewakan. Bahkan dinilai tidak layak untuk menggelar sebuah pertandingan sepakbola resmi.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button