Sosok Xavi Hernandez yang Pantas Latih Barcelona

JagatBisnis.com  –  Xavi Hernandez, menurut rencana, diperkenalkan sebagai pelatih baru Barca pada Senin (8/11/2021) waktu Spanyol di Stadion Camp Nou. Agenda perkenalan itu akan menjadi momen pertama kembalinya ia ke ”rumah” setelah berpetualang selama enam tahun di Qatar.

Langkah pertama yang akan dilakukan Xavi adalah berbicara dengan para pemain untuk melihat sendiri bagaimana kondisi mereka saat ini.

Mengambil alih klub dalam situasi yang tidak bagus barangkali bukan hal yang mahasulit untuk Xavi Hernandez. Dia sudah sangat terbiasa dengan keterbatasan. Saat lulus dari akademi sepak bola Barca, La Masia, Xavi bukanlah pemain yang memiliki postur tubuh dan kemampuan ideal. Ia tak memiliki fisik menjulang atau kecepatan yang mumpuni.

Pun demikian, dengan segala keterbatasannya, pemahamannya tentang ruang dan bentuk permainan di lapangan mampu menutupi kelemahannya tersebut.

”Saya tahu bahwa saya tiba di saat yang sulit. Namun, saya menghadapi tantangan ini dengan antusiasme yang besar. Saya akan bekerja dan berjuang bersama Anda semua untuk mencapai tempat yang layak kita raih bersama,” kata Xavi dikutip dari Marca, Minggu (7/11).

Dengan dukungan dari segenap elemen klub, tugas Xavi setidaknya akan sedikit lebih ringan. Presiden Barcelona Joan Laporta mengatakan akan merekrut tiga pemain baru di bursa transfer musim dingin pada Januari 2022. Selain itu, dukungan juga datang dari para pemain Barcelona.

”Kita lihat nanti. Semua orang senang dengan kedatangannya, dan kami akan bekerja keras,” kata gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, mengomentari kedatangan Xavi sebagai pelatih baru Barca dikutip dari Marca. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button