Sosok Di Balik Distributor Mur dan Baut JEKA

JagatBisnis.com – JEKA adalah distributor mur dan baut di Indonesia yang sudah memiliki standarisasi ISO dari SGS Indonesia. Berdiri pada 1985, PT Jaya Kurnia Perkasa didirikan oleh Joes Karnali di pertokoan Glodok Jaya Taman Sari Jakarta. Setelah 30 tahun berbadan usaha dengan bentuk CV, JEKA akhirnya berganti menjadi PT Jaya Kurnia Perkasa pada 2017 dan setelahnya JEKA melakukan transformasi manajerial secara besar-besaran.

Di tahun ini, JEKA memiliki rencana untuk go public. Dengan melantai di bursa saham, perusahaan distribusi ini ingin melebarkan bisnisnya, yang dahulu dianggap bisnis keluarga, saat ini JEKA ingin bertransformasi menjadi perusahaan distributor yang dikelola secara profesional.

Dalam struktur manajerial, JEKA memilih Charles untuk menjadi direktur marketing. Segala perkembangan yang terjadi pada JEKA saat ini diawali oleh beliau, walaupun menurutnya bisnis mur dan baut memang bisnis yang susah-susah gampang untuk diatur, tapi potensi bisnis ini yang cukup besar membuat dia yakin dapat melakukan berbagai macam cara untuk mengembangkan JEKA.

“Selain IPO, kami ingin mencoba untuk memasuki dunia digital dengan menyiapkan aplikasi khusus jual-beli mur dan baut,” tuturnya.

Di bawah kepemimpinannya selama lima tahun banyak hal yang sudah JEKA dapatkan, seperti standarisasi ISO dari SGS Indonesia dan konsep Vendor Management Inventory yang memungkinkan perusahaan yang membutuhkan mur dan baut untuk memiliki gudang penyimpanannya sendiri sehingga tidak perlu khawatir dengan penimbunan ataupun kekurangan stok.

Selain poin tersebut, dia pun mengakui bahwa pandemi tidak berpengaruh terhadap kinerja JEKA dan tetap berjalan stabil. “Di tahun 2020 kami berusaha bertahan dengan sumber daya yang kami miliki, namun ketidakpastian di 2021 membuat saya harus lebih banyak berpikir lagi bagaimana caranya agar kami tetap bisa bertahan atau bahkan lebih berkembang lagi,” kata Charles.

Saat ini, JEKA tengah mempersiapkan diri untuk melakukan go public dan pembuatan aplikasi jual-beli, harapannya di tahun ini semua dapat berjalan sesuai rencana. (saf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button