Soal Vaksinasi COVID-19 pada Anak, Ini Kata Kemenkes

JagatBisnis.com –  Ahli Ucapan Vaksin COVID- 19 Departemen Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, mengatakan untuk pemberian vaksin COVID- 19 untuk kelompok umur anak di Indonesia, masih menunggu saran sejumlah lembaga terkait.

” Kita menunggu dahulu saran bagus dari Badan Kesehatan Bumi (World Health Organization) ataupun Indonesian Technical Advisory Group on Immunization( ITAGI) dan Jalinan Dokter Anak Indonesia( IDAI),” tutur Siti Kamis, (25/3/2021).

Dengan cara terpisah Pimpinan Biasa IDAI, Nyaman Bhakti Pulungan mengatakan sampai saat ini grupnya belum menghasilkan saran apapun terkait vaksinasi untuk anak.

” Hingga saat ini belum terdapat informasi pembaharuan untuk vaksin anak. Pasti IDAI Belum keluarkan saran apapun pengimunan untuk anak,” tuturnya.

Nyaman mengatakan vaksin Sinovac saat ini terkini dianjurkan pada partisipan dengan bentang umur 15 sampai 59 tahun.

IDAI hingga saat ini berambisi sejumlah riset terkait keamanan vaksin untuk anak bisa segera terkabul.

” Jika artikel pasti kita akan amat mengharap, tetapi apakah nyaman?, amat besar mungkin itu nyaman, tetapi kan data- datanya belum. Dan dari BPOM pula belum terdapat. Jika esok akan terdapat untuk anak tentu IDAI lah yang awal untuk menghasilkan statment,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua kedokteran Sinovac, Gang Zeng, mengatakan percobaan klinis langkah dini dan menengah dari 550 lebih poin membuktikan kalau vaksin itu akan mengakibatkan jawaban imunitas.

2 akseptor vaksin umur 3 tahun dan 6 tahun mengalami meriang besar sebagai jawaban kepada vaksin.

” Sementara poin percobaan coba yang lain mengalami gejala enteng. Ini membuktikan kalau vaksin itu nyaman dan akan menciptakan jawaban kebal yang berpotensi bermanfaat kepada SARS- CoV- 2, pasti amat disambut bagus,” tutur Zeng. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button