Smile Berdayakan Petani Sawit Swadaya

jagatBisnis.com — Untuk membantu petani sawit swadaya dalam meningkatkan produktivitas, tiga perusahaan terkemuka industri kelapa sawit meluncurkan inisiatif baru di bidang keberlanjutan industri sawit. Sehingga memperoleh sertifikasi internasional dan mendapatkan premi dari penjualan minyak sawit yang bersertifikat. Program bernama SMallholder Inclusion for Better Livelihood & Empowerement (SMILE) diluncurkan oleh Kao, Apical Grup dan Asian Agri.

Presiden Apical Grup, Dato’ Yeo How menjelaskan, inisiatif yang akan berlangsung selama 11 tahun ini berupaya untuk membangun rantai pasok yang ramah lingkungan melalui kerja sama dengan petani sawit swadaya. Karena petani swadaya itu telah berkontribusi lebih dari 28 persen minyak sawit dari keseluruhan pasar minyak sawit Indonesia.

“Program SMILE akan melaksanakan aktivitas sesuai dengan kerangka kerja RSPO. Selain itu, program ini akan memastikan ketertelusuran hingga ke perkebunan. Hal itu dilakukan untuk membangun rantai pasok yang ramah secara lingkungan dan sosial,” katanya saat peluncuran Program SMILE secara virtual, Rabu (28/10/2020)

Nantinya, lanjut dia, program ini akan menawarkan banyak kesempatan bagi petani sawit. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Maka secara otomatis, taraf hidup petani sawit swadaya juga meningkat. Karena adanya penghematan biaya dari pengurangan penggunaan bahan kimia.

“Para petani dapat meningkatkan produktivitas dengan mengaplikasikan praktik budidaya pertanian yang baik dan berkelanjutan. Sehingga dapat meningkatkan produksi Tandan Buah Segar (TBS) dan perlindungan sosial serta lingkungan yang lebih baik. Selain itu mengurangi penggunaan herbisida dengan menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan,” bebernya.

Sementara itu, Managing Director Asian Agri, Kelvin Tio menambahkan, program SMILE berupaya untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan petani sawit swadaya melalui kemitraan dan memperluas lingkup kemitraan jangka panjang. Apalagi, pihaknya telah memiliki pengalaman dalam mengelola kemitraan dengan petani sawit.

“Dengan program SMILE petani sawit swadaya bakal didampingi dan dibimbing dalam upaya meningkatkan produktivitas kebun sawit. Sehingga peningkatan volume bisa dicapai selaras dengan meningkatnya ekonomi,” imbuh Kelvin. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button